Bupati Faida Serahkan 600 Bantuan Usaha Ekonomi Produktif

This slideshow requires JavaScript.

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., menyerahkan bantuan usaha ekonomi produktif kelompok usaha bersama. Bantuan yang diberikan di Pendopo Wahyawibawagraha, Kamis 4 Oktober 2018, ini bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan.

Kepada wartawan, Bupati Faida menjelaskan penerima bantuan adalah masyarakat miskin dari enam kecamatan, yakni Silo, Arjasa, Jelbuk, Mumbulsari, Sukowono, dan Panti. Saat ini terpilih 60 kelompok, dengan 10 anggota tiap kelompok.

Bantuan modal usaha yang diberikan masing-masing kelompok sebesar Rp. 20 juta atau setiap anggota kelompok sebesar Rp. 2 juta. Penyaluran dana bantuan ini melalui rekening perbankan, sebagai upaya inklusi keuangan dan aksesbilitas perbankan.

Namun, pengelolaan dana tersebut tidak secara sendiri-sendiri. Pengelolaan secara bersama bertujuan agar memiliki kekuatan dalam menjalankan ekonomi di perdesaan. Pemerintah Kabupaten Jember melakukan pendampingan agar program pemerintah pusat ini berjalan lancar.

Dana yang diterima tidak boleh dibagi untuk pihak di luar kelompok, tidak boleh dibagito alias dibagi roto. Jika ada tindakan seperti ini, Bupati Faida meminta masyarakat melaporkan untuk segera ditindaklanjuti.

Kelompok penerima ini terdiri dari peternak kambing, produksi telur asin, bahkan warung sembako. “Mudah mudahan dengan bantuan modal usaha, mereka tidak berjuang sendiri-sendiri tetapi berkelompok, dan  ekonomi mereka bisa lebih baik, juga keluar dari daftar masyarakat miskin,” terang Bupati Faida.

Kepala Dinas Sosial Pemkab Jember Isnaini Dwi Susanti, SH. MSi. menambahkan, langkah-langkah mengurangi penyelewengan bantuan yakni dengan diberikan langsung oleh bupati. Dan, para penerima tahu apa yang diinginkan pemerintah.

“Mudah-mudahan tidak terjadi ada penyelewengan,” ujarnya. Dinas Sosial akan senantiasa memonitor dan mengevaluasi. Ini adalah komitmen Dinas Sosial untuk mendampingi UMKM dengan turun ke masyarakat.

“Membuka telinga lebar-lebar agar diketahui siapa yang perlu dibantu dan belum dibantu,” jelasnya.

Ia berharap bantuan ini meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebab, Kementerian Sosial dan Dinas Sosial memiliki tujuan untuk mengentaskan kemiskinan.

Program Kementerian Sosial yang dijalankan di Kabupaten Jember ini, menurut Susanti, untuk masyarakat perdesaan yang penuh semangat, mau bekerja, sehat, berusaha, dan berjuang bersama.

“Syarat untuk bisa berhasil satu kelompok ini harus kompak, rukun, saling percaya dan saling menjaga,” tuturnya.

Sebelumnya, Bupati Faida dalam pidatonya berpesan kepada penerima bantuan untuk menggunakan produk lokal dalam usahanya. Tujuannya untuk memperlancar usaha sesama warga Jember.

Usaha yang dijalankan penerima bantuan ini tidak boleh hanya sesaat. Harus terus berlanjut hingga berhasil sesuai tujuan program.

“Di tangan bapak ibu semua kesungguh-sungguhan usaha ini akan membuahkan hasil yang gemilang,” terang Bupati Faida.

Bupati Faida berpesan agar program ini tidak disalahgunakan. Bupati meminta penerima bantuan untuk membuktikan sebagai warga Jember yang mampu memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya. (izza/mutia/*f2)

No Response

Leave a reply "Bupati Faida Serahkan 600 Bantuan Usaha Ekonomi Produktif"