Jember Kota Pandhalungan

Bupati Faida Tandatangani MoU Dengan Universitas Airlangga

Pemerintah Kabupaten Jember melakukan penandatangan Kesepakatan Bersama (MoU) dengan Universitas Airlangga serta mengadakan pengukuhan dan pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Alumni Universitas Airlangga (IKA UA) Cabang Jember masa bakti 2016-2020, Senin (24/10/2016) di Pendopo Wahyawibawagraha, Kabupaten Jember. Acara ini dihadiri oleh Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR, Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., Mt., Ak., CMA selaku Rektor Universitas Airlangga, Junaidi Khotib, S.Si., M.Kes., Ph.D., Apt. selaku Warek IV Universitas, Drs.(Ec) Harianto Basoeni selaku Ketua I Pengurus Pusat IKA UA, jajaran Pengurus Pusat IKA UA, Plt. Sekretaris Kabupaten Jember, Kepala SKPD terkait, serta Pengurus IKA UA Cabang Jember.

Dengan dibacakannya surat keputusan serta pengesahan Pengurus IKA UA, dengan ini Bupati Faida sebagai Pembina IKA UA mengucapkan selamat kepada para pengurus yang telah dikukuhkan. Disambung dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemkab Jember dengan Universitas Airlangga, dan Kesepakatan Bersama antara Pemkab Jember dengan Pengurus Pusat IKA UA juga pemberian cinderamata oleh Pemkab Jember dengan Universitas Airlangga.

Dalam sambutannnya Drs.(Ec) Harianto Basoeni mengucapkan selamat kepada pengurus Dengan harapan kepada pengurus dapat menghimpun alumni di wilayah ini mendukung program-program Bupati Jember. Rektor Unair, Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., Mt., Ak., CMA sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jember atas MoU yang telah ditandatangani oleh kedua pihak. Prof Nasih, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa Unair sebagai PTN terbaik ke-4 di Indonesia sangat bangga bisa menjalin kerjasama dengan Pemkab Jember. Selain itu, Unair yang kini berada di posisi 700 besar peringkat Perguruan Tinggi terbaik dunia, menargetkan untuk masuk posisi 500 besar peringkat Perguruan Tinggi terbaik dunia.

Di tempat yang sama, Bupati Faida dalam sambutanny menyatakan perasaan bahagia sekali atas dikukuhkannya Pengurus IKA UA Cabang Jember. Bupati Alumni Unair ini terharu bertemu dengan para jajaran Rektorat Unair memakai baju almamater melihat bendera berlambang Unair berada di sampingnya. “Sudah bertahun-tahun saya tidak menyanyikan Hymne Airlangga. Mudah-mudahan itu menjadi spirit kita semua, mengingatkan kita semua bahwa dulu kita bukan siapa-siapa. Kita ada di kampus terbaik yang banyak orang mengidamkannya. Saya bupati perempuan pertama di Jember dan perlu dicatat, benar-benar alumni Unair,” ujar Bupati Faida disembut dengan tepuk tangan para hadirin.

Secara pribadi, Bupati Faida menyatakan memiliki ikatan kuat dengan Unair. Selain dirinya, kelurga beliau juga merupakan alumni Universitas Airlangga. “Lulusan unair itu memiliki status sosial yang berbeda. Orang mau mengambil memantu itu mesti disebut-sebut alumni unair. Unair memberi nilai tambah bagi alumninya,” canda alumni Fakultas Kedokteran Unair ini.

Bupati Faida ingin sejarah mencatat bahwa jika ada keberhasilannya dalam memimpin Kabupaten Jember ini, sejarah mencatat bahwa itu diraih bersama Universitas Airlangga. “Perlu dibuat MoU ini karena dalam 22 janji kerja Bupati tertuang secara eksplisit sudah kami tuliskan bahwa di antaranya kami membuat program beasiswa untuk lulusan SMA/sederajat. Alhamdulillah dari mereka itu ada yang bisa kuliah di Unair. Beasiswa tersebut untuk 5000 mahasiswa yang kurang mampu,” imbuh Bupati Faida.

Di antara 22 janji kerja itu, ada program satu desa satu dosen. Bupati Faida berharap Unair bisa berpartisipasi menjadi pendamping untuk pembangunan desa di Kabupaten Jember sesuai dengan kebutuhan masing-masing desa. “Termasuk pemberantasan buta huruf dan KKN mahasiswa Unair di Jember,” pungkas Bupati Faida. (*f3)

No Response

Leave a reply "Bupati Faida Tandatangani MoU Dengan Universitas Airlangga"