Jember Kota Pandhalungan

Bupati Faida Terima Tim Napak Tilas Kyai As’ad

Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., menghadiri audiensi bersama segenap jajaran Kepala SKPD Kabupaten Jember untuk membahas persiapan gelar acara napak tilas dengan tim panitia napak tilas dari Pondok Pesantren Salafiah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, di ruang rapat Pemerintah Kabupaten Jember pada Jumat sore (11/11/2016).

Audiensi yang bertujuan untuk mengenang perjuangan Pahlawan Nasional yaitu Perjuangan KHR. As’ad Syamsul Arifin Mengusir Jepang di Jember 1945 yang di angkat dari buku sejarah. Dengan ini akan di adakannya napak tilas yang dimana Kabupaten Jember menjadi tuan rumah, dengan peserta dari berbagai daerah yang kurang lebihnya di perkirakan mencapai sepuluh ribu orang.

Paparan dari tim komite mengenai peta yang memiliki sejarah panjang seorang Pahlawan Nasional ini menjadi rute yang yang akan di lewati peserta napak tilas selama dua hari. Maka koordinasi dengan kepala desa dan camat telah di lakukan untuk mendiskusikan jalan yang akan di lewati untuk napak tilas, tim juga bertemu dengan saksi sejarah. Dengan ini tim panitia napak tilas mengajak Bupati Jember beserta segenap jajaran forkopimda untuk turut ikut mengiringi peserta napak tilas hingga mencapai pos satu. Rute napak tilas ialah daerah Kalisat, Sukowono, Ledok Ombo dan Silo. Dsn tim juga mempersiapkan tim kesehatan berupa ambulan juga, tim evakuasi dan tak ketinggalan koordinasi dengan ketua offroad juga telah di lakukan ketika sudah masuk ke hutan nanti.

Bupati Jember siap membantu dengan mengirimkan tim kesehatan dari RS Bina Sehat dan akan di tempatkan untuk tim medis di setiap posnya. Selain itu juga bakal disiapkan 100 dus karton air mineral di setiap pos.

“Kyai As’ad bukan lagi Pahlawan Lokal melainkan Pahlawan Nasional. Sehingga acara dapat di kolaborasikan dengan Pemerintah Kabupaten Jember untuk bisa di jadikan acara tahunan napak tilas,” tuturnya. Dan Bupati Faida minta untuk di sosialisasikan kepada siswa tentang kegiatan-kegiatan ini, dan di setiap pemberhentian pos diminta untuk di tayangkan sebuah foto-foto pahlawan nasional asal Situbondo tersebut.

Dengan seluruh sejarah perjuangannya Pahlawan Nasional Kyai As’ad menggunakan kata “takok Islam kala” ini melewati seluruh rintangan dan bahaya dalam mengusir penjajah Jepang. Selanjutnya diujung acara rapat Bupati Jember menerima sebuah buku Biografi Sejarah Perjuangan KHR. As’ad Syamsul Arifin dari tim napak tilas Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukerejo Situbondo. (Mutia, Izza)

No Response

Leave a reply "Bupati Faida Terima Tim Napak Tilas Kyai As’ad"