Jember Kota Pandhalungan

Bupati Hadiri Sosialisasi Penerimaan BOP PAUD

Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., bersama dengan Plt. Sekkab yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jember Drs. Bambang Haryono dan segenap SKPD terkait, serta perwakilan dari Bank Jatim menghadiri Sosialisasi Penerimaan Hibah Dana Alokasi Khusus (DAK) BOP PAUD tahun 2016 yang berlangsung di Aula PB. Sudirman hari ini, Senin (28/11/2016).

Menurut Plt. Sekda saat menyampaikan laporannya bahwa hadir juga penilik Paud se-Kabupaten Jember dan penerima hibah yang sudah memenuhi syarat berjumlah 1255 dari 1311 pengajuan proposal.

Sementara itu, Bupati Faida menjelaskan kepada segenap guru PAUD agar waspada terhadap oknum pelaku pungli dan memastikan tidak ada lagi pungli karena sudah waktunya pungli di angkat dan di berantas khususnya di dunia Pendidikan. Bupati Faida juga menjelaskan pengertian BOP-PAUD adalah program pemerintah untuk membantu penyediaan pendanaan biaya operasional non personalia yang di berikan melalui satuan PAUD yang mana biaya operasional adalah biaya bahan atau peralatan pendidikan habis pakai dan biaya penyelenggaraan pendidikan tak langsung.

Dengan tujuan untuk meningkatkan layanan PAUD yang berkualitas dimana BOP PAUD harus menjadi sarana penting untuk meningkatkan layanan pendidikan anak usia dini yang bermutu dan diharapkan dapat memberikan akses bagi anak usia dini yang belum atau tidak terlayani, jika anggaran di cairkan dan kualitas pelayanan tidak bertambah maka ada kesalan pada pengelolaan dana anggaran.

Dengan sasaran bantuan BOP Paud yaitu taman kanak-kanak, taman bermain, TPA dan sejenis baik tingkat negeri maupun swasta yang sudah memiliki nomor pokok satuan Paud Nasional dan terdaftar di database. Dengan ini Bupati Faida menyampaikan dana alokasi yang berjumlah 23 milyar dan Bupati Faida meminta untuk mengajak anak-anak untuk sekolah PAUD juga sekolah TPA supaya menambah akses yang belum terlayani.

Syarat lembaga meliputi satuan PAUD atau satuan lembaga yang ada di wilayah Indonesia, memiliki legalitas kelembagaan yang di terbitkan oleh institusi berwenang, memiliki nomor pokok satuan Paud Nasional (NPSN), memiliki peserta didik minimal 12 anak, memiliki rekening yang di gunakan atas nama satuan Paud, memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP), memiliki RKAS.

Dengan persyaratan peserta didik yaitu peserta didik terdaftar pada satu lembaga atau satuan Paud, prioritas usia 4-6 tahun dengan akte kelahiran, kartu KK, keterangan desa di ketahui oleh institusi terkait (dokter, bidan, dsb).

Dengan menyanyikan lagu sayonara bersama Bupati Faida menyampaikan “Guru paud adalah ujung tombak masa depan anak-anak didiknya untuk perubahan yang baik”. Daftar penerimaan DAK BOP di antaranya Ajung 38, ambulu 62, arjasa 20, balung 49 dan sumberbaru 49 dengan jumlah keseluruhan 1255. (Izza)

No Response

Leave a reply "Bupati Hadiri Sosialisasi Penerimaan BOP PAUD"