Jember Kota Pandhalungan

Bupati Inginkan Komitmen Membangun Ekonomi Kerakyatan

Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Jember tidak akan mencabut ijin toko berjaringan. Sebaliknya, pemerintah menginginkan komitmen dalam membangun ekonomi kerakyatan sebagaimana 22 program kerja.

“Pemkab Jember bukan akan mencabut izin toko Alfamart dan Indomaret, tapi kami ingin bangun komitmen bersama antara Pemkab Jember, toko Alfamart, Indomaret dan masyarakat,” kata Bupati dr. Hj. Faida MMR., saat audiensi dengan pimpinan Alfamart dan Indomaret di ruang lobi Pemkab Jember, Rabu (3/8/2016).

Hadir dalam audiensi tersebut sejumlah pimpinan dua toko berjaringan Indomaret dan Alfamart wilayah Tapal Kuda.

Bupati menjelaskan, sesuai 22 janji kerja Bupati – Wakil Bupati, Pemerintah Kabupaten Jember akan menghentikan ijin pendirian baru bagi toko berjaringan.

Meski demikian, pemerintah tidak menutup mata terhadap peran yang bisa dilakukan oleh toko berjaringan. Karena itu, lanjut Bupati, Pemkab Jember akan memaksimalkan peran toko berjaringan yang sudah ada demi kemajuan Kabupaten Jember.

“Kami berharap Alfamart dan Indomaret memberikan akses terhadap binaan usaha kecil warga sekitar di masing-masing titik toko yang ada,” ujar Bupati perempuan pertama di Jember ini.

Bagi toko yang akan memperpanjang ijin operasinya, bupati menyampaikan ada syarat yang harus dipenuhi. Yakni memaksimalkan penjualan produk lokal.

Terkait kualitas produk lokal, Bupati menyerahkan kepada pihak toko berjaringan. Namun, dalam penilaian kualitas produk tersebut pihak toko mesti bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan ESDM.

Bupati berharap ada sinergi antara Pemkab Jember dengan toko berjaringan, baik Alfamart dan Indomaret, untuk memberikan manfaat bagi warga sekitar toko.

Dijelaskannya, berdirinya toko berjaringan di Kabupaten Jember bukan suatu masalah. Namun, tidak sedikit masyarakat yang mengeluhkan berdirinya banyak toko berjaringan. Bahkan masyarakat menilai perkembangan toko berjaringan sudah tidak terkendali.

Sementara itu Branch Manager Alfamart wilayah se Tapalkuda, Anang Seni Setiawan, mengatakan, Alfamart mendukung program dari Bupati Jember untuk menyediakan produk lokal di toko Alfamart. “Sudah kami lakukan, semua outlet Alfamart di Kabupaten Jember telah menyediakan produk masyarakat sekitar,” katanya.

Namun kendalanya, kata Anang, jika permintaan semakin meningkat produk lokal kesulitan untuk memenuhi permintaan pasar. “Kami menyarankan untuk ada asosiasi produk lokal di Jember, tujuannya agar masyarakat tidak kesulitan untuk menyalurkan produknya kepada kami,” jelasnya. (*F2)

No Response

Leave a reply "Bupati Inginkan Komitmen Membangun Ekonomi Kerakyatan"