Bupati Jember Hadiri Audiensi Bersama Tim JFC

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., menghadiri audiensi bersama Tim dari Jember Fashion Carnaval (JFC) dalam rangka mempersiapkan JFC 2017 dan laporan mengenai hasil Seminar JFC. Acara berlangsung di ruang rapat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Selasa (7/3/2017).

Dalam mempersiapkan penyelenggaraan JFC-16 telah di pilih tema utama yaitu Victory dengan konsep keberhasilan prestasi Indonesia di tingkat Nasional melalui JFC yang telah menjuarai beberapa event International di antaranya kostum borneo dan royal sigokh.

Carnival Exhibition Conference JFC-16 Victory dengan opening JIE 2017 pada tanggal 9 Agustus 2017, Kids Carnival 10 Agustus 2017, Artwear Carnival 11 Agustus 2017, WACI 12 Agustus 2017, Grand Carnival 13 Agustus 2017, Exhibition 9-13 Agustus 2017, Conference 10-14 Agustus 2017, juga akan ada performance dari Kabupaten Kabupaten Tapal Kuda.

Pada tahun ini juga akan di tampilkan kurang lebih 90 peserta dari beberapa kecamatan dengan tahap seleksi di kecamatan masing-masing. Berkaitan dengan taman di sepanjang jalan yang dilintasi peserta defile JFC, telah di rancang pembuatan pagar pembatas saat parade sehingga masyarakat dapat menonton dengan rapi.
Dalam penyelenggaraan JFC akan di bentuk juga City Carnival yang mana manfaat bagi masyarakat Jember.

Peluang yang bisa di wujudkan pada penyelenggaraan event JFC yaitu menjadikan JFC salah satu destinasi event, mengumpulkan pelaku insan kreatif secara nasional, juga dapat mempromosikan produk lokal pada wisatawan luar maupun dalam negeri. Budaya Pandhalungan akan di angkat juga pada event JFC Exhibition dan telah di siapkan stage dan apa saja budaya Pandhalungan yang akan tampil.

JFC Converence ialah mempertemukan kepala dinas, pelaku-pelaku industri kreatif dalam satu forum untuk memberdayakan ekonomi kreatif dengan undangan dari pengurus asosiasi karnaval juga perwakilan dari 8 kepala dinas Provinsi yang ada di Indonesia.

“Saya meyakini seni itu sesuatu yang harus ada jiwa di masing-masing penyelenggaranya,” ucap Bupati Faida. Selaku koordinator APKASI Bupati Faida menyampaikan bahwa Kepala Daerah di beberapa Propinsi akan turut ikut dalam parade defile JFC-16.

Sementara peserta dari kecamatan dapat di lakukan dengan melakukan pelatihan di kecamatan di bimbing dengan tutorial, untuk media Pemkab juga telah memfasilitasi yang bekerjasama dengan media nasional.

Hal lain yang dilakukan adalah mendesain interior bandara khususnya pada event-event besar, mengenai pameran-pameran agar di beri tema seperti tema oleh-oleh dan tema JFC dengan mengajak UMKM terpilih.

Akan di letakkan juga miniatur JFC di beberapa tempat tertentu, satu defile binaan mantan pasien bibir sumbing atau beberapa difabel untuk di latih sejak jauh hari agar menumbuhkan rasa percaya diri yang cukup.

Program dengan Dinas Perhubungan yaitu menghiasi dan merawat kurang lebih 2000 becak di Jember hingga dapat menjadi becak pariwisata.

Kajian-kajian di lakukan dalam membentuk program-program yang dapat mengangkat potensi lokal menjadi lebih baik juga dapat bermanfaat bagi masyarakat lokal, berkaitan dengan ini untuk Daerah lain agar dapat berperan dalam carnaval, dari tidak bisa menjadi bisa dari tidak menginginkan menjadi ingin. (Izza)

No Response

Leave a reply "Bupati Jember Hadiri Audiensi Bersama Tim JFC"