Campak Rubella

Bupati Jember Luncurkan Mobil Rajawali Esemka

Bupati MZA Djalal men-launching mobil rakitan esemka

Mobil Rajawali, mobil hasil rakitan SMKN 2 Jember ini telah berhasil dilakukan oleh siswa SMKN 2 Jember, yang sekaligus di launching oleh Bupati Jember, MZA Djalal. Bahkan, saat peluncuran mobil rakitan tersebut, Bupati MZA Djalal sendiri melakukan test drive mobil rajawali ini saat akan membuka acara dialog solutif Bupati Menjawab di SMKN 2 Jember, 27/11.

Menuru Kepala SMKN 2 Jember, Furqon A.S, sesaat setelah peluncuran mobil Rajawali, mengatakan bahwa rakitan mobil yang di beri nama Rajawali ini, merupakan aset yang  bisa dimanfaatkan oleh Pemkab Jember dan seluruh masyarakat Jember, dimana kedepannya di Jember sendiri telah mempunyai sekolah SMK yang berbasis teknologi dan telah mampu melakukan perakitan mobil sendiri. “jadi tidak hanya Solo pak yang bisa merakit mobil, SMKN 2 Jember juga telah mampu merakit mobil buatan sendiri, dan siap untuk dipasarkan”, jelasnya.

SMKN 2 Jember sendiri, ungkapnya, memang mempunyai kelas dibidang otomotif, yang hingga saat ini telah mampu merakit 2 jenis mobil, yaitu mobil jenis mini truk dan jenis mobil keluarga (SOP). Ditambahkan lagi, mobil yang dirakit ini adalah mobil dengan mesin diesel, dengan sistem 4X4 atau double gardan. “mobil rajawali rakitan SMKN 2 Jember ini bermesin deisel dan double gardan yang telah kita sesuaikan dengan kondisi alam Kabupaten Jember yang pegunungan ini pak”, jelasnya.

Saat disinggung Hak rakitan mobil tersebut, Furqon mengatakan bahwa produk mobil ini bukan murni dari siswa SMKN 2Jember saja, akan tetapi juga melibatkan siswa-siswa 33 SMK yang ada di Kabupaten Jember, baik swasta maupu Negeri. Oleh karenanya, untuk ijin dagang yang dipunyai oleh SMKN 2 Jember menggunakan PT. SMK dan SMKN 2 Jember.

Saat ini, ungkapnya, untuk SMKN 2 Jember hanya melakukan perakitan fisik mobil (body Karosery), sementara untuk mesin mobil masih dipesan melalui mesin pabrikan yang ada. Dirinya berharap jika memang diperlukan SMKN 2 Jember siap menambahkan kurikulum pembuatan mesin mobil. Sehingga, lanjutnya, jika Pemkab Jember berkeinginan untuk memesan mobil dinas buatan SMKN 2 Jember, pihaknya siap dengan potensi yang memadai. “kami berencana akan menambahkan kelas mesin mobil yang khusus membuat mesin saja, meski nanti ondersilnya dipesan. Jadi kedepan SMKN 2 Jember tidaka hanya merakit body, tapi juga sekalian dengan mesinnya. Kalo pak Bupati mau pesan mobil dinas untuk Pemkab Jember, kami siap”, pungkasnya. (bds/tgh/humas)

Download Logo HUT RI 72
No Response

Comments are closed.