Bupati Kukuhkan Saber Pungli Kabupaten

Berlangsung di Gedung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Jum’at (20/1/2017) Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., dan Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief, Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo juga Dandim 0824 Jember beserta segenap jajaran Forkopimda Kabupaten Jember mengukuhkan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Jember tahun 2017.

Stop Pungli dengan melapor di website saberpungli.id, SMS 1193 dan Call center 193 saat mengetahui pelaku pungli. Keanggotaan Satgas Saber Pungli oleh Bupati Faida di kukuhkan dengan susunan antara lain, sebagai Penanggung Jawab oleh Bupati Jember dr. Hj. faida MMR., Pendamping Penanggung Jawab Kepala Kepolisian Resort Jember, Komandan Distrik Militer 0824 Jember, Kepala Kejaksaan Negeri Jember, Komandan Detasemen Polisi Militer V/3-2 di Jember, Pengarah Wakil Bupati jember Drs. KH. A. Muqit Arief, Pembina oleh Plt. Sekretaris Kabupaten Drs. Bambang Hariono, MM, Ketua Pelaksana, Wakil Kepolisian Resort Jember, Wakil ketua yang terbagi menjadi Wakil Ketua I, II dan III, Sekretaris I dan II, Kelompok Kerja Unit Intelijen, Kelompok Kerja Unit Penindakan, Kelompok Kerja Unit Pencegahan dan Kelompok Kerja Unit Yustisi.

Pembentukan unit Satgas Saber Pungli di Kabupaten Jember merupakan tindak lanjut oleh penetapan Presiden tentang Satgas Saber Pungli, yang mana pungutan liar bila di biarkan lambat laun akan membudaya dan merugikan masyarakat untuk itu di bentuk Saber Pungli dalam keagamaan dan suatu unsur dengan komitmen bersama bahwa pungli di Kabupaten Jember tidak boleh di toleransi lagi maka harus di akhiri dan kebijakan saber pungli tidak lagi berjalan sendiri tapi menjadi satu Kebijakan Nasional.

Bupati Faida menitipkan bahwa beberapa atensi yang menjadi prioritas dalam pemberantasan pungli antara lain di pengurusan perijinan, pelayanan publik, hibah bansos, layanan administrasi kepegawaian, dana desa, pungutan liar di dunia Pendidikan, pengadaan barang dan jasa dan kegiatan-kegiatan lain yang menyebabkan penyimpangan.

Tugas yang tentu saja sangat berat ibarat menetang arus yang biasa terlaksana rutin dalam kehidupan sehari-hari namun apabila berhasil maka keberhasilan ini akan memiliki dampak yang sangat luas bagi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat, berperang melawan budaya dan merugikan lebih sulit daripada membangun fisik atau pembangunan lainnya, pembangunan mental adalah pembangunan yang sangat fundamental oleh karena itu pembangunan mental dalam melawan pungutan liar adalah bagian penting dari sukses pembangunan bangsa Indonesia.

Diminta juga kepada anggota Satgas yang di lantik hari ini untuk mengemban tugas dengan sepenuh hati tidak menganggap tugas ini adalah tugas remeh karena salah satu kunci sukses pembangunan adalah memberantas pungli. Bupati Faida mengucapkan selamat kepada peserta yang telah di lantik dan akan segera di lakukan rapat koordinasi lanjutan untuk menindak lanjuti pelantikan pada hari ini.

Dalam kesempatan ini di sosialisasikan oleh AKBP Kusworo Wibowo apa sebenarnya saber pungli yang mana seluruh Provinsi sedang membentuk saber pungli begitu juga Provinsi Jawa Timur, AKBP Kusworo menjelaskan pengertian pungli ialah pengenaan biaya atau pungutan di tempat yang seharusnya tidak ada biaya dikenakan atau di pungut di lokasi atau pada kegiatan tersebut tidak sesuai ketentuan. Sehingga dapat diartikan sebagai kegiatan memungut biaya atau meminta uang secara paksa oleh seseorang kepada pihak lain dan hal tersebut merupakan sebuah praktek kejahatan atau perbuatan pidana.

Penyebab pungli yaitu greedy (keserakahan) manusia yang memanfaatkan opportunity (kesempatan, kewenangan) untuk need (kebutuhan) sendiri hingga menyebabkan pungli.

Sehingga pungli berdampak pada biaya perekonomian tinggi, rusaknya tatanan masyarakat, ciptakan MSL sosial dan kesenjangan sosial, hambat pembangunan, masyarakat dirukan, menimbulkan ketidak percayaan masyarakat.

Satgas saber pungli mengenyam tugas satgas yaitu melaksanakan pemberantasan, pungutan liar secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan permintaan personil, satuan kerja, dan sarana prasarana, baik yang ada di kementrian atau lembaga maupun Pemerintah Daerah. Berikut
fungsinya yaitu intelejen, pencegahan, pendidikan dengan sasaran yaitu sentra pelayanan publik di kementrian atau lembaga dan Pemda,
Kekuatan yaitu kementrian atau lembaga dan Pemda.

Wewenang Satgas yaitu bangun sistem cegah dan berantas pungli, melak pul data & informasi dari Kementerian/lembaga dan pihak lain yang terkait menggunakan TI, koord, ren & laks ops berantas pungli, melaksanakan operasi tangkap tangan, beri rekomendasi kepada Pimpinan Kementrian/lembaga serta kepala Pemerintah Daerah untuk beri sangsi kepada pelaku pungli sesuai dengan peraturan perundang-undangan, beri rekomendasi pembentukan dan pelaksanaan tugas unit saber pungli di setiap instansi penyelenggara YAN publik kepada pimpinan Kementrian/lembaga dan kepala Pemerintah Daerah dan mengevaluasi kegiatan pemberantasan pungli.

Dengan konsep giat satgas yaitu mengedepankan penegakan hukum melalui giat penindakan dan yustisi didukung giat intelijen serta pencegahan, mengikutsertakan Kementrian, lembaga dan Pemerintah Daerah, mengikutsertakan dan mengoptimalkan seluruh potensi masyarakat dalam gak pengawasan tercapainya kegiatan satgas,”yang masih mau coba coba segeralah kembali ke jalan yang benar”. (Izza)

No Response

Leave a reply "Bupati Kukuhkan Saber Pungli Kabupaten"