Bupati Kukuhkan Tim Satgas Pangan

732 views

Pengukuhan tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan tahun 2017 oleh Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., berlangsung di Aula PB. Sudirman Pemerintah Kabupaten Jember, Jum’at (12/05/2017).

Kegiatan tersebut selain di hadiri oleh Bupati Jember, juga dihadiri oleh Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief, Ketua DPRD Kabupaten Jember H.M Thoif Zamroni, SH. I, Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, SH, SIK, para pemerhati pangan, segenap distributor bahan kebutuhan pokok, Forkopimda Kabupaten Jember beserta segenap jajaran OPD terkait.

Bupati Faida mengukuhkan sebanyak kurang lebih 26 orang sebagai satgas, dengan latar belakang demi meningkatkan dan memantapkan terjaminnya distribusi pangan kepada masyarakat yang berkelanjutan, mencegah dan menindak pelaku penimbunan barang kebutuhan pokok menjelang ramadhan dan hari raya serta sinergisitas optimalisasi koordinasi dapat terbentuk antar instansi dalam mendukung tugas satuan tugas ketahanan pangan. Sekaligus bertujuan untuk stabilisasi harga bahan pangan/kebutuhan pokok, antara lain beras, minyak, terigu, telur, gula dan daging.

Dalam pembentukan tim satuan tugas ketahanan pangan di harapkan tersedianya data produksi pangan yang update, terjaminnya distribusi ketersediaan pangan dan akses pangan kepada masyarakat, sebagai sarana untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan harga pangan.

Juga mengurangi resiko kelangkaan barang kebutuhan pokok, mengurangi/mencegah dan menindak pelaku penimbunan barang kebutuhan pokok dan mengidentifikasi permasalahan wilayah-wilayah yang beresiko mengalami kondisi rawan pangan untuk menyusun strategi kebijakan bidang ketahanan pangan.

Sementara itu Kapolres Jember, AKBP Kusworo berpesan jangan sampai ada kelangkaan yang mengakibatkan melonjaknya harga yang akan berakibat pada masyarakat, maka pemantaun akan dilakukan dari hari-perhari, dari sini dapat di evaluasi stabilitas harga pangan.

“Saya harap satgas pangan di Kabupaten Jember ini dapat segera bekerja setelah di lantik segera menkonsolidasikan dan segera bertugas di tugasnya masing-masing.” imbuh Bupati Faida. (Izza)

No Response

Comments are closed.