Campak Rubella

Bupati Lantik Dewan Kesenian Jember

Dewan Kesenian Jember (DKJ) resmi dikukuhkan atau dilantik langsung oleh Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., di Pendapa Wahya Wibawa Graha, tadi malam, Senin (19/12/2016). Pada pengukuhan tersebut juga dihadiri oleh seluruh jajaran pengurus Dewan Kesenian Jember periode baru maupun lama, juga nampak hadir Kepala SKPD kab jember, dan sejumlah tokoh seniman Jember.

Usai dilantik dan dikukuhkan, organisasi, resmi diserahkan dari Ketua DKJ lama yakni Gatot Sukarman, kepada Ketua DKJ yang baru Dr. Eko Suwargono M.Hum. selanjutnya seremonial acara dilanjutkan dengan penyerahan Panji Dewan Kesenian Jember oleh Bupati Jember kepada Ketua DKJ. Dan penampilan langsung seni tradisi lisan atau macapat oleh Yasin dan Budiono.

Bupati Faida menyampaikan pengurus yang baru harus tetep dilantik supaya semangat yang dulu dengan yang baru tetap bersatu, bupati sendiri yang meminta pelantikan di pendopo, karena suatu kota Kabupaten boleh jadi berjaya karena hal-hal lainnya tapi kabupaten kota yang kering akan seni budaya tentu tidak menarik bagi siapapun yang didalam maupun diluarnya.

“DKJ mempunyai peran yang jauh lebih besar dari perkiraan. Saya yang senang seni budaya merasa beruntung dan terhormat bisa menyaksikan langsung dari jarak dekat Kesenian macapat.” Tuturnya.

Bupati juga menginginkan warga Jember tau bahwa Jember juga mempunyai seni macapat yang luar biasa.
Keaslian, kreasi, kombinasi dan sinergi, sangat disukai Bupati Faida. Apalagi seniman seneng berjuang sendiri-sendiri bahkan sesama seniman melihatnya sebagai saingan.

Bupati memastikan bahwa beragam seni budaya yang ada di kabupaten Jember ini terakomodir, sehingga dengan adanya pengurus yang baru itu, seni-seni semakin lengkap ada tradisi masuk, semua seni masuk itu baru DKJ dan baru Bupati akan mengesahkannya.

Pendopo seharusnya menjadi sentra seni budaya di kabupaten masing-masing, DKJ seharusnya menjadi mitranya pemerintah mempunyai list lengkap anggota yang paling plosok sekalipun menjadi anggotanya, dan juga DKJ menjadi mitra pemerintah dari mensosialisasikan program pemerintah.

“Seniman dan Budayawan adalah orang yang terpilih mempunyai derajat yang lebih karena mempunyai kelebihan, jangan diturunkan karya tersebut, berkaryalah dan berprestasilah segala sesuatunya menjadi lebih pantas. Kalau belum ada jalan belum selesai memantaskan diri.

Bupati inginkan para seniman membangun generasi baru,yang mengerti seni budaya. “dengan agama hidup jadi terarah,dengan ilmu hidup jadi lebih mudah tetapi dengan seni budaya hidup menjadi lebih indah.” Imbuhnya. (Mutia, Izza)

Download Logo HUT RI 72
No Response

Leave a reply "Bupati Lantik Dewan Kesenian Jember"