Jember Kota Pandhalungan

Bupati Lepas Ratusan Tukik ke Laut Lepas

Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR, bersama Danlantamal V Surabaya, Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, dan Forkompinda serta perwakilan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jember siang tadi, Kamis (19/5/2016) melepas ratusan tukik (anak penyu) ke laut lepas di pantai Pancer Puger. Pelepasan tukik tersebut juga didampingi oleh Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Indah Lestari.

Pokmaswas Indah Lestari yang berdiri sejak tahun 2014 di Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas ini, beranggotakan 10 orang dengan diketuai oleh Sugianto yang juga aktivis lingkungan.

Pelepasan tukik tersebut menurut Bupati, bertujuan untuk menjaga habitat penyu tetap lestari. Supaya anak cucu kita nanti masih bisa melihat dan mengetahui secara langsung penyu hijau.

“Kita lepas kembali penyu tersebut ke laut lepas, dengan harapan tetap lestari, sebagai bagian dari kekayaan fauna Jember,” tutur salah satu anggota Pokmaswas, Agus.

Sesuai data yang dimiliki Pokmaswas, sejak tahun 2014 sudah ada 1.058 tukik yang dilepas ke laut. Sedangkan bulan Mei 2016 ini ada 130 tukik yang dilepas.

Pokmaswas ini salah satu perannya membantu pemerintah mengawasi penangkapan pengambilan telur penyu. Sekaligus menetaskan telur penyu dan melepas tukik yang dihasilkan kembali ke laut.

Jenis telur penyu yang ditetaskan antara lain Penyu hijau (chelonia mydas), Penyu Lekang (lepidochelys olivacea), Penyu Pipih atau abu abu (natator depressus). (*)

No Response

Leave a reply "Bupati Lepas Ratusan Tukik ke Laut Lepas"