Kerja Nyata

Bupati Minta Semua Sekolah Sukseskan Pendidikan Gratis 12 Tahun

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., didampingi oleh Plt. Sekkab Drs. Bambang Hariono MM., menegaskan bahwa semua sekolah wajib mensukseskan program pendidikan gratis yang dicanangkan Pemkab Jember. Hal tersebut ditegaskan disaat memberi pengarahan pelaksanaan program pendidikan gratis kabupaten Jember tahun 2016 di Aula PB Sudirman Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember kepada kepala sekolah se-kabupaten Jember, Kamis(14/12/16).

Pendidikan gratis, merupakan program untuk meringankan beban orang tua atau wali murid melalui pembebasan dari kewajiban membayar biaya operasional sekolah. Dengan tujuan meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan wajib belajar 12 tahun yang bermutu. “Program ini, membebaskan seluruh bentuk pungutan dan sumbangan bagi peserta didik tanpa terkecuali,” tegasnya.

Alokasi dana untuk program pendidikan gratis atau disingkat PPG diantaranya untuk tingkatan SD/MI sebesar Rp. 20.000,- per bulan/siswa , SMP/ MTS Rp. 25.000,- per bulan/siswa. Sedangkan jumlah sasaran SD/MI negeri/swasta sebanyak 237.783 siswa, SMP/MTS negeri/swasta sebanyak 153.525 siswa.
Penerima dana, yakni lembaga sekolah harus memenuhi syarat lembaga penerima dana sesuai ketentuan yang berlaku. Dan sesuai arahan yang sudah disampaikan penggunaan dana harus benar-benar tepat sasaran dan lembaga sekolah juga dilarang untuk melakukan pungutan. Untuk itu, peran serta masyarakat dalam pendanaan pendidikan harus jelas, tidak serta merta diijinkan.

Sementara itu, Bambang Hariono menyampaikan dihadapan seluruh kepala sekolah SD, SMP, negeri dan swasta di seluruh kabupaten yang berjumlah kurang lebih 1400-an, untuk siap bersama-sama mensukseskan program Bupati Jember.

Di sisi lain, pada kesempatan yang sama, Bupati juga menyampaikan terkait proses rekrutmen calon kepala sekolah dan persyaratan umum calon kepala sekolah. “Diantaranya beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1 yang terakreditasi, berusia setinggi tingginya 56 tahun, memiliki sertifikat pendidik dan lainnya.” Terangnya.

Dan dipaparkan juga rincian masa tugas kepala sekolah yang sudah dan belum terperiodesasi. Kebutuhan Diklat 2017 kepala sekolah SD pensiun/periodesasi 2017 lebih dari 12 tahun sebanyak 242 kepala sekolah. Kepala sekolah SMP pensiun/periodesasi 2017 kurang dari 12 tahun sebanyak 9 orang. Dan adanya kekurangan pengawas SMP sebanyak 22 pengawas .

Untuk itu terbuka kuota Diklat calon kepala Sekolah dan calon Pengawas 2017, calon Kepala Sekolah SD sebanyak 245 orang, calon Kepala Sekolah SMP sebanyak 25 orang, calon Pengawas SMP sebanyak 25 orang. (Mutia, Izza)

No Response

Leave a reply "Bupati Minta Semua Sekolah Sukseskan Pendidikan Gratis 12 Tahun"