Bupati Rekomendasi Ratusan Sopir Dapatkan BPJS Ketenagakerjaan Gratis

Sedikitnya 300 sopir angkutan kota dan pedesaan mendapatkan jaminan asuransi dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Penyerahan kartu dilakukan langsung di Pendopo Wahyawibawagraha, Jumat sore (6/10/2017).

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., menjelaskan bahwa pemberian asuransi tersebut merupakan kerjasama dengan Direksi Pusat BPJS Ketenagakerjaan.

“Kita memang meminta kuota untuk CSR (corporate social responsibility), stimulan premi BPJS Ketenagakerjaan untuk pekerja informal,” jelasnya. Salah satu pekerja informal itu adalah para sopir.

Rekomendasi Bupati agar sopir angkutan kota dan pedesaan mendapatkan keistimewaan itu karena selama ini belum terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Asuransi ini penting bagi sopir karena pekerjaan mereka beresiko tinggi.

Premi akan dibayar langsung oleh BPJS Ketenagakerjaan selama satu tahun. Selama setahun itu, para sopir ikut dalam program perlindungan kecelakaan kerja dan kematian.

Setelah satu tahun, Bupati berharap premi yang murah setiap bulannya itu bisa dibayar oleh koperasi yang menaungi para sopir tersebut.

Sementara Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Timur Abdul Kholik yang secara khusus datang untuk para sopir menjelaskan bahwa program BPJS merupakan program negara.

Sopir yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan akan mendapatkan manfaat banyak. Seperti pengobatan jika terjadi kecelakaan kerja yang tidak terbatas. “Habis sepuluh miliar, juga kita jamin,” ujar Abdul Kholik dalam sambutannya.

Kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan juga bisa untuk mendapatkan diskon dan pinjaman di bank yang telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. (*f2)

 

No Response

Comments are closed.