Jember Kota Pandhalungan

Bupati Sampaikan Nota Pengantar Raperda SOTK

Rapat paripurna penyampaian nota pengantar Raperda Kabupaten Jember tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Jember disampaiakn oleh Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., dengan didampingi Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief, serta dihadiri pimpinan dan segenap anggota DPRD Kabupaten Jember, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Jember, dan seluruh pejabat di jajaran Pemerintah Kabupaten Jember, di gedung DPRD Kabupaten Jember, Rabu siang (28/9/2016).

Penyampaian nota pengantar Raperda Kabupaten Jember tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Jember pada siding paripurna tersebut merupakan wujud komitmen pemerintah dalam menyelesaikan pembentukan peraturan daerah Kabupaten Jember tahun 2016. Dalam rangka melaksanakan urusan pemerintahan wajib dan urusan pemerintahan pilihan sebagaimana yang telah di amanahkan oleh undang-undang setiap pemerintah daerah.

“Dengan mempertimbangkan beragam prioritas yang berbeda dalam upaya mensejahterakan masyarakat, pendekatan tersebut di kenal dengan pendekatan yang bersifat simetris dengan arti walaupun telah sama-sama di berikan ekonomi yang seluas-luasnya namun prioritas urusan pemerintahan yang di dapat akan berbeda antara daerah yang satu dengan yang lain.” Jelas Bupati Faida dalam sambutannya.

Pendekatan simetris yang di maksud berakibat juga pada beragamnya jumlah besar organisasi perangkat daerah di masing-masing lingkungan pemerintahan daerah. Beragamnya kondisi setiap daerah berpengaruh hipologi perangkat daerah, pemerintah kabupaten Jember dalam respon adanya perubahan peraturan perundang-undangan yang menganut tentang pemerintahan daerah dan perangkat daerah.

Pada prinsipnya pengelompokan organisasi perangkat daerah menurut peraturan pemerintah tentang perangkat daerah di dasarkan pada konsep pembentukan organisasi yang terdiri atas lima elemen yaitu kepala daerah, sekretaris daerah, dinas daerah, fungsi penunjang dan pendukung.

Badan daerah melaksanakan fungsi penunjang yang terlaksanakan tugas dan fungsi sebagai pembantu kepala daerah dalam melaksanakan fungsi mengatur dan mengurus untuk menunjang pelaksanaan kelancaran pelaksanaan fungsi inti. Dalam rangka penyusunan pembentukan perangkat daerah di Kabupaten Jember sesuai dengan prinsip desain organisasi.

Raperda tentang pembentukan dan susunan rancangan perangkat daerah membagi perangkat daerah dengan mitologi sebagaimana di atur dalam materi muatan raperda tersebut. Penetapan daerah di dasarkan pada perlindungan lain tentang variabel yang terdiri dari umum dan variabel teknis variabel umum.

Melalui usaha struktur tentang perangkat daerah ini pemerintah kabupaten Jember akan membentuk perangkat daerah kabupaten Jember berdasarkan peraturan pemerintah tentang perangkat daerah yang terdiri satu Sekretariat Daerah DPRD, Inspektorat, dinas dan kecamatan. Pembukaan perangkat daerah kabupaten Jember dapat menciptakan suatu konstruktur perangkat daerah yang koefision serta cukup untuk melaksanakan tugas dan fungsi pemerintah daerah dalam memenuhi kewajibannya memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat untuk mewujudkan harapan tersebut tentunya di perlukan sinergi yang kuat antara pemerintah daerah Jember. (Izza, Mutia)

No Response

Leave a reply "Bupati Sampaikan Nota Pengantar Raperda SOTK"