Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Bupati Serahkan Honor Guru Ngaji Pinggiran

Setelah mencairkan honor guru ngaji di wilayah perkotaan, kemarin hari Sabtu (17/06/2017) dan hari ini, Minggu (18/06/2017) Pemerintah Kabupaten Jember kembali mencairkan honor guru ngaji di daerah luar wilayah perkotaan. Hal ini diungkapkan Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., saat menghadiri silaturahmi bersama guru ngaji di dua tempat yaitu Pesantren Miftahul Ulum Manggisan Tanggul Jember dan Pesantren Yasinat Kesilir Wuluhan Jember, kemarin Sabtu (17/6/2017).

Menurut Bupati Faida insentif guru ngaji yang dicairkan tersebut hanya untuk guru ngaji yang di daftarkan dan telah di ferivikasi dengan murni sebagai guru ngaji. Sehingga tidak ada lagi guru ngaji fiktif.

“Guru ngaji ini bagian dari sumberdaya manusia yang paling baik, yakni generasi Qur’ani, sumberdaya manusia yang qur’ani ini adalah generasi yang baik sebagaimana yang tercantum di dalam Al-Qur’an.” Tegasnya.

Honor diserahkan berupa buku tabungan beserta atm yang berisi total sebanyak Rp. 1.230.000,- yang cairkan pertahap dari sebelum bulan ramadhan, bulan ramadhan dan setelah bulan ramadhan yang mana pada dua bulan awal terdapat potongan pajak pada tabungan.

Insentif ini di harapkan bermanfaat bagi guru ngaji yang berjuang untuk anaknya orang. “Saya minta ibu guru ngaji mengijinkan anak-anak sekolah minimal pada tingkat SLTA, akan di siapkan beasiswa kuliah bagi anak guru ngaji yang kurang mampu.” Pesan Bupati Faida yang peduli akan nasib keluarga guru ngaji.

Bagi guru ngaji tidak perlu membuat proposal untuk pencairan, hindari orang yang meminta uang untuk alasan tertentu atau pungli. “Guru ngaji adalah guru ngaji tidak ada urusan dengan politik,” tegasnya.

Program untuk guru ngaji yang awalnya termasuk dana hibah sekarang di pindahkan pada program Dinas Pendidikan. Sesuai data yang ada, pada tahap awal sebelumnya sudah dicairkan honor guru ngaji di kecamatan Sumbersari, Kaliwates, Patrang, Sukorambi, Ajung, dan Panti sebanyak 2.305 orang, yang diserahkan langsung Bupati di Ponpes Al Qodiri, Gebang Jember.

Selanjutnya kemarin Sabtu, 17Juni 2017 pukul 09.00 WIB di Ponpes Miftahul Ulum Manggisan Tanggul, sebanyak 3.224 orang guru ngaji untuk wilayah Kecamatan Sumberbaru, Tanggul, Semboro, Umbulsari, Bangsalsari dan Rambipuji.

Pada hari yang sama namun dalam waktu berbeda, yakni pukul 13.00 WIB bertempat di Ponpes Yasinat Kesilir Wuluhan, juga diserahkan honor guru ngaji kepada 2.742 orang untuk wilayah Kecamatan Wuluhan, Kencong, Jombang, Gumukmas, Puger, Balung dan Ambulu.

Sedangkan hari ini, Minggu, 18 Juni 2017 rencananya pukul 09.00 WIB di Ponpes Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah, juga diserahkan honor kepada 2.690 orang guru ngaji di wilayah Kecamatan Silo, Mayang, Pakusari, Mumbulsari, Tempurejo dan Jenggawah. Yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan insentif guru ngaji lagi pada pukul 13.00 WIB di Ponpes Nurul Qarnain Baletbaru Sukowono. Nantinya yang bakal menerima sebanyak 2.443 orang, di wilayah Kecamatan Sukowono, Sumberjambe, Ledokombo, Kalisat, Arjasa dan Jelbuk. (Mutia, Izza)

No Response

Comments are closed.