Bupati Serahkan Santunan Untuk Keluarga Otto

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., memberikan dana santunan kepada keluarga almarhum Otto Andarwanto karyawan PDP Jember, Selasa (19/09/2017), di Pendopo Wahyawibawagraha. Otto meninggal saat mengikuti gerak jalan tradisional Tajemtra pada tanggal 9 September lalu.

Nyawa Otto tidak bisa terselamatkan lagi, meski tim medis di Puskesmas Bangsalsari dan tim medis rumah sakit lainnya sudah memberikan pertolongan pertama, karena ada dugaan mengalami dehidrasi dan kelelahan. Saat meninggal, Kepala Perkebunan Kebun Kali Mrawan Kecamatan Silo ini memakai kaos bertema kopi PDP Kahyangan.

Pemberian santunan dari asuransi ketenagakerjaan disaksikan oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Dwi Endah Aprilistiani, Direktur PDP Kahyangan Ir. Haryanto, dan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Dedi M Nurahmadi.

“Sebagai saksi, akhir hayatnya, beliau menggunakan kaos dengan tema PDP Kahyangan. Beliau berjuang sampai akhir hayatnya,” tutur Bupati kepada sejumlah wartawan.

Santunan yang diberikan mencapai Rp. 311 juta, yang meliputi santunan kematian dan jaminan hari tua. Santunan Kematian JKK Rp. 252.174.720. Saldo Jaminan Hari Tua Rp. 58.954.070

Bupati menjelaskan, meski almarhum meninggal saat ikut Tajemtra, namun Otto Andarwanto sedang menjalankan tugas dari tempatnya bekerja. Karena itu, santunan yang diberikan bukan sebagai peserta Tajemtra, namun sebagai karyawan PDP Kahyangan.

Bupati menegaskan almarhum bisa menjadi teladan bagi semua pegawai maupun karyawan, tentang kesungguhan-sungguhan dalam bekerja. Bupati menilai almarhum telah berjuang mempromosikan produk lokal, yakni kopi PDP Kahyangan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Dwi Endah Aprilistiani menyebutkan keikutsertaan almarhum Otto Andarwanto sejak tahun 1993.

“Ini sebagai bukti nyata negara, BPJS Ketenagakerjaan, hadir membayar premi yang telah disetor bertahun tahun oleh tenaga kerja,” terangnya kepada sejumlah wartawan.

Ia juga mengungkapkan bahwa masih sebagian saja tenaga kerja di PDP Kahyangan yang diikutsertakan dalam BPJS Ketenagakerjaan. Ada sekitar 2.700 tenaga kerja yang belum menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Mohon diikutkan semuanya. Risiko itu tidak tahu dan datangnya tiba-tiba,” ungkapnya.

Usai memberikan santunan, Bupati mengantar istri dan anak almarhum Otto Andarwanto pulang kerumahnya di Perum Taman Gading, juga sekaligus untuk takziyah. “Sejatinya saya menginginkan untuk silaturahmi kerumah Ibu, bukan Ibu yang kesini, jadi mari pulang..saya mau antar dan silaturahmi kerumah Ibu,” ujar Bupati usai menyerahkan santunan.

Rumah keluarga Alm Otto Andarwanto berada di Perum Taman Gading Blok NN 13, Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan. Kaliwates.

“Semoga amal ibadahnya diterima Alllah SWT dan dosa dosanya diampunkan dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kesabaran,” doa Bupati. (*f2/Mutia/Izza)

No Response

Comments are closed.