Bupati Serius Tangani PMKS

641 views

Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) menjadi perhatian serius Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR. Penanganan problem ini memerlukan sinergisitas dengan pekerja sosial.

Untuk itu, Bupati menggelar silaturrahmi dengan ratusan pekerja sosial di Pendapa Wahyawibawagraha, Jumat (17/11/2017), dengan memaparkan kebijakan – kebijakan pemerintah dalam menangani masalah sosial yang diidentifikasi sebanyak 28 jenis tersebut.

“Sejatinya mereka ini (pekerja sosial) adalah orang yang peduli tetapi mereka perlu dibekali dengan SOP (standart operational procedur) bagaimana membantu,” terang Bupati kepada sejumlah wartawan.

Kebutuhan terkait prosedur penanganan tersebut dipenuhi dalan silaturahmi, dengan sosialisasi tentang kebijakan – kebijakan pemerintah. “Program – program apa saja yang bisa diakses oleh masyarakat PMKS ini,” ujar Bupati berlatar belakang dokter ini.

Bupati mengungkapkan salah satu program pemerintah dalam membantu masyarakat miskin, yakni Rastrada (beras sejahtera daerah). Program ini memberikan bantuan beras kepada masyarakat miskin yang selama tidak menikmati bantuan program Rastra.

Masyarakat miskin ini bisa didaftarkan melalui pemerintah desa atau melalui tenaga/pekerja sosial untuk didata Dinas Sosial. Data tersebut akan melalui verifikasi, sehingga data valid tersebut menjadi dasar bagi bupati untuk mengeluarkan kebijakan bantuan yang akan diterima masyarakat miskin tersebut setiap bulan.

Selain Rastrada, Bupati juga menyampaikan program bedah kamar bagi lansia miskin. Berbeda dengan program bedah rumah bagi keluarga miskin, program bedah kamar ini menekankan kebutuhan lansia terhadap kamar dengan fasilitas yang sehat.

“Lansia yang sudah tidak bisa keluar kamar tidak perlu bedah rumah. Tapi lansia ini harus tinggal di kamar yang layak. Jangan sampai dengan kondisi yang kotor, bau, tidak ada cahaya masuk,” jelas Bupati.

Program tersebut harus dirasakan oleh masyarakat. Bupati pun berpesan jangan sampai ada lansia terlantar akibat tidak tersentuh program pemerintah. Harapan ini memerlukan peran penting para tenaga/pekerja sosial yang selama ini menjadi mitra Dinas Sosial. (*f2)

 

No Response

Comments are closed.