Bupati Terima Koalisi Masyarakat Peduli Kesejahteraan

Berlangsung di ruang rapat Pemkab Jember, Kamis (26/1/2017) Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., dan jajaran SKPD terkait, menerima audiensi dari KOMPAK (koalisi masyarakat peduli kesejahteraan), terkait memperkuat kemitraan strategis warga aktif dan Pemerintah Desa untuk mengembangkan inovasi dalam penganggaran Desa partisipatif.

Tim Kompak ini sedang melakukan kegiatan memperkuat kemitraan strategis warga aktif dan Pemerintah Desa untuk mengembangkan inovasi dalam penganggaran Desa Partisipatif yang tergabung dalam konsorsium pemberdayaan kelompok marginal Desa juga beberapa organisasi di antaranya IRE, Mitra Wacana, Koalisi Perempuan Indonesia beserta lsm juga beberapa ormas yang tergabung dalam konsorsium.

Dengan terselenggaranya audiensi tim dari KOMPAK memaparkan ulasannya untuk adiensi ini dengan konteks masalah yaitu UU Desa memberi ruang kekuasaan, tanggung jawab dan sumberdaya yang kuat kepada desa, Politik alokasi dan distribusi sumberdaya desa belum ada jaminan berorientasi pada masyarakat desa dan memihak kepada kelompok marginal desa.

Proses Penyusunan RPJM Desa/RKP Desa dan APB Desa menjadi siklus tahunan yang mencerminkan politik alokasi dan distribusi sumberdaya desa, dalam siklus tahunan desa masih ada masalah terkait dengan keterlibatan masyarakat, akuntabilitas dan keberpihakan, Kelompok marginal desa (perempuan, Diffable, miskin) masih ditinggalkan dalam proses penyusunan dan pengambilan keputusan terkait dengan RPJMDesa/RKPDesa dan APBDesa selama kurun waktu pelaksanaan UU Desa sejak 15 Januari tahun 2014 sampai saat ini dan praktik-praktik yang

No Response

Leave a reply "Bupati Terima Koalisi Masyarakat Peduli Kesejahteraan"