Campak Rubella

Bupati Terima Kunjungan Dari Unair, Pastikan Kerjasama Bidang Pendidikan

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., menghadiri audiensi dengan Universitas Airlangga (UNAIR) dalam Kunjungan Kerjasama ke Pemerintah Kabupaten Jember yang di dampingi segenap SKPD terkait yang berlangsung di ruang rapat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Kamis (12/1/2017).

Dengan berlangsungnya audiensi ini tim dari UNAIR memaparkan Visi dan Misi nya yaitu visi menjadi universitas yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, pelopor pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan humaniora berdasarkan moral agama. Dan misi menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik, profesi, dan/atau vokasi dengan keunggulan kelas dunia berlandaskan nilai kebangsaan dan moral agama; Menyelenggarakan penelitian dasar, terapan, dan penelitian kebijakan yang inovatif dengan keunggulan kelas dunia berlandaskan nilai kebangsaan dan moral agama untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat, mendarmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu, teknologi, dan humaniora kepada masyarakat, mengelola universitas secara mandiri dengan tata kelola yang baik melalui pengembangan kelembagaan yang berorientasi pada mutu dan mampu bersaing di tingkat internasional.

Nilai–nilai Universitas Airlangga yang berbasis empat dasar sebagai berikut Based on Morality, Excellence, Strong academic culture dan Target-oriented. Dengan sasaran strategis peningkatan kemandirian keuangan, meningkatan kesiapan modal manusia modal informasi modal organisasi, meningkatkan acedemic excellence, peningkatan reputasi, meningkatkan community service excellence, meningkatkan research excellence dan meningkatkan university holding excellence.

Berikut dengan programnya 14 Fakultas, 1 Sekolah Pascasarjana, 1 Program Studi Di Luar Domisili, 147 Program Studi, 6 Program Studi Terakreditasi Internasional dan 90 Program Studi Akreditasi “A”. Unit Pendukung Universitas ialah pusat penerbitan dan percetakan, International Office, pusat pembinaan karir dan kewirausahaan, pusat penerimaan mahasiswa baru, pusat layanan kesehatan, Perpustakaan, Student Center, Bus Flash dan Airlangga Corner.

Unit Pendukung Fakultas di antaranya berupa Unit Mikroskop Elektron, Pusat Perencaanaan Hukum dan Kontrak Bisnis, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Profesi Hukum, Laboratorium Pengembangan Manajemen dan Bisnis juga Excecutive Development Program. Dengan beberapa lembaga di antaranya Lembaga Pengkajian Dan Pengembangan Pendidikan, Lembaga Penelitian Dan Inovasi, Lembaga Pengabdian, Pendidikan, Pelatihan Dan Pengembangan Masyarakat dan Lembaga Pengembangan Produk Dan Haki.

Bidang Kerjasama dan Bisnis dengan keputusan Rektor Nomor 956/UN3/2016 tanggal 16 Mei 2016 berikut tugas Menginisiasi pengembangan produk dan jasa, mewadai, mengkoordinir, menjadi penghubung, sekaligus berperan dan bertindak secara aktif menjalin kerjasama dalam ruang lingkup dalam negeri guna mencari peluang dan memperbesar ruang gerak untuk mendapatkan kesempatan dan akses yang lebih untuk menjalin kerjasama dan mengembangkan bisnis dengan institusi/lembaga lain yang berorientasi non profit dan profit yang dipimpin oleh seorang Kepala Bidang.

Sasaran Bidang Kerjasama dan Bisnis yaitu meningkatkan kordinasi dan penanganan sebagai bentuk kerja sama dengan pihak-pihak di luar UNAIR yang selama ini telah membangun dan yang akan atau sedang di bangun, meningkatkan promosi capaian-capaian keahlian dan riset unggulan UNAIR kepada mitra, membuka akses pada fakultas-fakultas pusat-pusat studi dan institusi center of excellence yang dimiliki UNAIR untuk membina kerjasama dengan mitra, mengakomodasi kesempatan-kesempatan, kerjasama yang datang dari mitra dan tanggap akan kebutuhan mitra.

Adapun tujuannya untuk meningkatkan reputasi dan pengakuan terhadap UNAIR, meningkatkan posisi dan keunggulan kompetitif UNAIR di level Nasional dan Internasional juga memperluas komunikasi dan eksistensi UNAIR dengan dan terhadap mitra. Jumlah Perjanjian Kerjasama Tahun 2016 untuk swasta dan bisnis sebanyak 29 dan Pemerintah sebanyak 44.

Tindak Lanjut MoU UNAIR dengan Pemkab Jember di antaranya berupa Pemkab Jember menyediakan 5000 beasiswa utk mahasiswa Jember yang tidak mampu, diharapkan UNAIR dapat memfasilitasi data mahasiswa (UKT 1-3) yang dapat diberikan beasiswa tsb., Pemkab Jember juga memerlukan assesment untuk mengukur kinerja pegawai, Pengabdian kepada masyarakat terkait menekan angka buta huruf dan kematian ibu, Pemkab Jember menginginkan mahasiswa UNAIR mengadakan penelitian-penelitian di Jember dan pendampingan pada pemerintah desa dalam menjalankan program dan penggunaan anggaran (Program 1 Desa 1 Dosen).

Setelah paparan selesai dengan ini Bupati Faida menyampaikan pendapat yang mana Bupati Faida sudah menerima data mahasiswa yang mendapat beasiswa dan layak untuk di perhatikan oleh Pemerintah, untuk meningkat kelas Jember pada sabtu minggu akan di bahas lebih lanjut dengan beasiswa yang ada bisa di manfaatkan oleh guru-guru TK yang belum sarjana juga belum kompetensi yang telah di bicarakan dengan beberapa Universitas dalam menghasilkan Pendidikan yang lebih efisien.

Bupati Faida juga menginginkan pegawai Pemkab Jember yang berijazah SMA dan masih muda juga belum PNS memiliki kesempatan untuk mengikuti Pendidikan ini, dan telah di siapkan untuk sosialisasinya hanya saja pilihan prioritas masih belum di pastikan dan ini telah di bicarakan dengan sekolah-sekolah SPPDN baik swasta maupun negeri untuk membuat sekolah di Jember. Dengan SDM di Jember yang cukup banyak belum sarjana untuk jurusan-jurusan fokasional, dengan beasiswa kuliah bagaiman lulusan SMA mendapat kompetensi tambahan dan ketika lulus dapat mengisi formasi di Jember.

Dengan target membuat upt assesment center di Jember maka dengan ini Bupati Faida mengajak untuk bersinergi bersama, juga untuk KKN supaya di sinergikan dengan tema yang sesuai dengan rpjm Kabupaten Jember, terkait dengan buta aksara, kesehatan dan angka kematian ibu anak maka KKN dapat mengambil tema yang sesuai. Untuk jurusan perikanan dan kelautan yang tidak ada di Jember di sarankan oleh Bupati Faida kepada Universitas UNAIR untuk membagi tugas dan akan signifikan pada bidang kesehatan juga untuk 3 Desa 3 Dokter UNAIR juga dapat andil dalam tenaga kerja kesehatan.

Untuk angka buta huruf yang tinggi diminta oleh Bupati Faida untuk membuat KKN dengan target yang berbeda dalam bekerjasama dengan Pemkab Jember yaitu berupa sentuhan KKN yang berbasis agama dan dengan ini Universitas UNAIR menyanggupi dengan memiliki mahasiswa dari Jempang yang sangat baik dalam agama. (Izza)

Download Logo HUT RI 72
No Response

Leave a reply "Bupati Terima Kunjungan Dari Unair, Pastikan Kerjasama Bidang Pendidikan"