Jember Kota Pandhalungan

Bupati Turut Serahkan Bibit Cabai Untuk Masyarakat

Gerakan Kemandirian Pangan Nasional, oleh Pusat Pelatian Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S Taruna Bhumi), bersama Bank Negara Indonesia 46 (BNI 46) di City Forest and Farm Arum Sabil bertemakan ” Kedaulatan Pangan Martabat Bangsa”, dihadiri oleh Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, Wakil Direktur BNI 46 Suprajanto, CEO BNI wilayah Malang Yessy Kurnia, dan Forkopimda Kabupaten Jember.

Acara yang diawali dengan penyerahan bibit cabai dan terong kepada sejumlah perwakilan tokoh masyarakat, berlangsung Senin pagi tadi (13/2/2017).

Ketua umum P4S Taruna Bhumi H. M.Arum Sabil, SP menyampaikan siang tadi adalah momentum yang sangat bersejarah memberikan sebuah jawaban dan solusi dengan mengimplementsikan karya nyata yang terjadi secara nasional.”kebanyakan melihat cabai itu adalah sesuatu yang remeh bahkan tidak punya makna dan tidak berarti, namun ketika alam murka dan petani tidak bisa menghadapi alam, yang memang ini adalah ujian, cermin yang diberikan Allah pada kita, baru kita menyadari bahwa cermin ini menjadi penentu yang sangat dominan terhadap implasi dinegeri ini.” Jelasnya.

Arum juga mengapresiasi kepada BNI dan Bupati Jember yang telah berinisiasi dengan berpikiran inovatif memberikan solusi terhadap bangsa ini, tanah tandus pun bisa ditanam cabai dengan teknologi yang akan dipakai. P4S Bersama BNI dan Pemkab Jember memberikan jawaban negeri ini melalui Jember. Mudah-mudahan gerakan sinergi kebersamaan ini tentunya, paling tidak memberikan manfaat pada ketahanan pangan dinegeri ini.

Sementara itu, Bupati menyampaikan bahwa tidak ada program yang terselenggara dengan baik, jika tidak dicanangkan dengan keyakinan penuh bahwa program tersebut dibutuhkan dan diperlukan oleh masyarakat. Seperti yang dikatakan orang ahli, seribu orang yakin, satu pemimpin tidak yakin program tersebut tidak akan naik, jika seribu orang tidak yakin dan satu Arum Sabil yakin insyaallah akan di ridhloi Allah SWT.

Pemkab Jember mendukung sepenuhnya misi ini karena sinkron dengan misi Pemkab Jember, berbagi peran bersinergi karena cita-cita benarnya adalah bagaimana Jember mempunyai Kemandirian dibidang pangan dan jika dikerjakan bersama tidak terlalu menunggu waktu yang lama dan bergerak kearah yang sama.

Dipilihnya cabai, tepat karena umurnya sejak ditanam sampai dipanen tidak terlalu lama. “mari lakukan bersama sama gerakan tanaman pangan ini karena ini sesuatu yang nyata bermanfaat dan arahnya jelas, tidak ada kemnfaatan hidup yang lebih mulia daripada menstranferkan ilmu dan pengetahuan”, tuturnya.

Ketika Bupati dan Wakil Bupati ngantor didesa salah satu kegiatannya adalah urusan tanaman pangan ini bergerak bersama sama, disetiap desa akan ada binaan, pemkab Jember sudah menyiapkan pembagian himpit untuk masyarakat Jember yang perduli pada ketahanan pangan di Jember,

Bupati berharap berbagi data, sehingga target bersama Kabupaten Jember ini dapat dirangkum sebagai suatu data yang akan dianalisis sudah berapakah tumbuhnya tanaman pangan peningkatan ketahanan pangan dikabupaten jember sehingga bisa dimonitor bersama.

Dalam rangka kepedulian BNI terhadap lingkungan bersama dengan P4S berinisiatif membagikan 250 ribu paket polybag tanaman cabai bagian dari satu juta yang dicanangkan Arum Sabil. BNI siap mendukung tidak hanya cabai, tetapi tanaman-tanaman lain khususnya yang bermanfaat bagi masyarakat dan mampu untuk dibudidayakan secara sederhana dan memberikan asumsi terhadap kondisi yang kadang kadang mengkhawatirkan dikabupaten ini. (Mutia)

No Response

Leave a reply "Bupati Turut Serahkan Bibit Cabai Untuk Masyarakat"