Bursa Inovasi Desa Wadah Bertukar Ide Kreatif

641 views

Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief memandang perlu adanya pertemuan ide bagi masyarakat kreatif.

“Kegiatan ini bukanlah menggelar suatu produk, tetapi menggelar ide, bagaiman ide yang bersifat kreatif dan inovatif,” kata Wabup, Kamis (28/12/2017), saat meninjau gerai pameran Bursa Inovasi Desa.

Bursa Inovasi Desa, menurut Wabup, menjadi media untuk berbagi ide. “Berbagi karya karya yang akan menjadi energi baru dalam membangun masyarakat dan wilayah kita,” ujarnya di Balai Serbaguna Kaliwates.

Potensi-potensi desa dapat lebih ditingkatkan dengan pendampingan. Juga bisa merencanakan bersama inovasi yang dilahirkan.

Para pendamping dan kepala desa maupun masyarakat yang didampingi perlu mengetahui potensi yang ada di lingkungannya untuk diangkat ke jenjang lebih tinggi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispemasdes) Ir Eko Heru Sunarso mengatakan Bursa Inovasi Desa diikuti 28 kecamatan di Kabupaten Jember.

Kegiatan diselenggarakan menggunakan dana dari APBD Provinsi Jawa Timur tahun 2017.

“Program baru ini harus dilaksanakan bertepatan dengan akhir tahun 2017,” ungkap Heru.

Ia berharap Bursa Inovasi Desa menumbuhkan pertukaran pengetahuan kegiatan-kegiatan yang inovatif, memberi inspirasi, serta alternatif pilihan kegiatan bagi pembangunan. (izza/*f2)

No Response

Comments are closed.