Calon Penerima Beasiswa Ikuti Kuliah Kebangsaan

Mahasiswa calon penerima beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Jember mendapat kesempatan istimewa dengan mendapatkan kuliah kebangsaan dari Wakil Ketua MPR RI Dr. H. Ahmad Basarah, MH.

Dalam kuliah kebangsaan yang mengangkat tema “Bung Karno, Islam, dan Pancasila” tersebut Ahmad Basarah menjelaskan sejarah dan keterkaitan Bung Karno, Islam, dan Pancasila.

Menurut Ahmad Basarah, Bung Karno sebagai seorang muslim pernah berguru kepada dua tokoh muslim. Bahkan dalam keadaan sengasara Bung Karno terus mendekatkan diri kepada tuhan, hingga bertemu dengan tokoh muslim.

Perjalanan  itu terus berlangsung hingga Bung Karno menjadi Ketua Majelis Pengajaran Muhammadiyah, dan selama 25 tahun hidupnya digembleng secara Islam.

Saat menjadi pemimpin di masa darurat, Bung Karno menjadi seorang tokoh Islam yang sangat mendalami nilai-nilai Islam. Nilai-nilai itu menjadi kebijakan politik pada masa kepresidenannya.

Kepada ribuan mahasiswa yang memadati Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Minggu (15/4/2018), Ahmad Basarah mendorong mahasiswa untuk menggantungkan cita –cita setingi langit seperti pesan Bung Karno.

“Kalaupun engkau jatuh, maka engkau akan jatuh di antara bintang-bintang,” ujar Ahmad Basarah.

Ditegaskannya, dasar dan ideologi Indonesia ialah Pancasila. Pengatur fungsi dan kehidupan hukum di Indonesia dengan lima sila di dalamnya.

Diantaranya sila ke-5 yakni keadilan sosial. Untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, seperti program Bupati Faida.

“Program beasiswa memberikan kesempatan untuk generasi milenial bisa bersaing secara kompetitif untuk meraih keadilan sosial yang lebih baik lagi,” ulasnya.

Wakil Ketua MPR RI ini juga mengajak mahasiswa untuk mengenali dengan baik kondisi yang sedang terjadi di tengah-tengah masyarakat kita saat ini, sehingga penting sekali untuk tidak terombang ambing dengan sosial politik.

“Mengenal dengan baik jati diri bangsa Indonesia menjadi pegangan kuat kita, sehingga kita tidak lemah dan terjajah kembali,” ungkapnya. (izza/*f2)

 

 

No Response

Leave a reply "Calon Penerima Beasiswa Ikuti Kuliah Kebangsaan"