Cegah Kenakalan Remaja, DPP PA KB Adakan Seminar Pengasuhan Anak dan Remaja

Kenakalan remaja dan penggunaan perangkat digital menjadi perhatian Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DPP PA KB) dan Tim Penggerak PKK Pemkab Jember.

Hal ini diwujudkan dengan menggelar Seminar Pola Asuh Anak dan Remaja di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Rabu (29/11/2017).

Ada dua tema yang diangkat dalam seminar ini. Pertama, “Pola Asuh Remaja pada Masa Badai dan Topan dalam Pencegahan Kenalan Remaja”

Kedua, “Pola Asuh dan Pendidikan Anak untuk Menggunakan Perangkat Media dengan Bijak di Era Digital”

Sebagai pembicara dr. Justina Evi, Psikiater RSD dr Soebandi, dan Nafik Palil, praktisi pola asuh dari Sidoarjo. Sebagai moderator Robiatul Adawiyah.

Plt Sekda Ir Mirfano dalan sambutannya mengungkapkan generasi mendatang disebut generasi X.

“Generasi yang kemana hanya pegang handphone. Baca koran di hanphone, nonton tv di handphone,” kata Mirfano dalam sambutannya.

Kondisi generasi seperti itu, tegas Mirfano, harus disikapi dengan baik.

Sementara Ketua PKK Kabupaten Jember Maimunah Jauhari berharap seminar mampu memberikan hasil dalam menghadapi persoalan di masyarakat.

“Minimal kita bisa lebih meminimalisir persoalan yang kita hadapi di lingkungan kita sendiri, terutama anak-anak kita,” ujar istri Wabup ini.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana Ita menyampaikan tujuan seminar.

“Untuk memberikan pemahaman kepada orang tua tentang pola asuh dan pendampingan anak dan remaja di era digital dalan upaya pencegahan tindak kekerasan dan kenakalan anak dan remaja,” kata Ita.

dr Justina Evi memaparkan topik parenting remaja milenial dan upaya pencegahan kenakalan remaja.

Sedangkan Nafik Palil memaparkan peran orang tua pada masa golden anak, 10 kesalahan fatal orang tua dalam mendidik anak di era digital, menyiapkan anak menjadi juara kehidupan di era digital, dan anak hebat berasal dari orang tua terlibat dan bersahabat di era digital. (*f2)

No Response

Comments are closed.