Curah Hujan dan Banjir di Jember Diprediksi Tinggi

1473 views

Memasuki musim hujan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Malang merilis peta prakiraan curah hujan dan daerah potensi banjir.

Prakiraan untuk Jawa Timur ini memprediksi peristiwa alam tersebut pada bulan November dan Desember 2017.

Wilayah Kabupaten Jember masuk kategori tinggi dan mengalami peningkatan.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember Widi Prasetya menjelaskan peta tersebut.

Dijelaskannya di peta menunjukkan curah hujan pada bulan November untuk wilayah Jember rata-rata menengah.

“Dan sebagian lagi ada yang berkategori Tinggi,” ungkapnya.

Pada bulan Desember diprediksi terjadi peningkatan. “Curah hujan pada bulan Desember di Jember berkategori Tinggi dan sangat tinggi ,” jelas Widi saat dihubungi Minggu (22/10/2017).

Sementara peta yang menunjukkan daerah berpotensi banjir pada bulan November, wilayah Kabupaten Jember masuk dalam kategori Tinggi.

Sama halnya curah hujan, potensi banjir di Jember mengalami peningkatan. “Sedang potensi banjir lebih luas dari bulan November, dan kategorinya tinggi,” ungkap Widi Prasetya.

Widi menambahkan, ada peringatan dini peta gerakan tanah longsor dari Kementerian ESDM yang menyebutkan sejumlah wilayah berpotensi longsor.

Wilayah-wilayah itu yakni lereng selatan Gunung Argopuro, Gunung Raung di wilayah Jember, dan gugusan Mandigu, Bande Alit dengan skalah menengah dan tinggi.

“Kalau keduanya bertemu maka akan berpotensi besar ancaman bencana tanah longsor, banjir bandang, dan banjir genangan,” terang Widi Prasetya. (*f2)

 

 

 

No Response

Comments are closed.