Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dandim 0824 : Selamat Hari Dharma Samudera 2017 Semoga TNI AL Semakin Jaya Dalam Menjaga Kedaulatan Laut Indonesia

Bertempat dilapangan Kecamatan Puger Jember pada Selasa 07/02/2017 Pukul 10.00 Wib dilaksanakan pembukaan Bakti Sosial dalam Rangka Hari Darma Samudera 2017 dengan kegiatan pengobatan massal,  operasi katarak, operasi bedah ringan, pembagian sembako bagi masyarakat kurang mampu, pemasangan kontrasepsi, khitanan masal, pelayanan Kartu Penduduk dan Kartu Keluarga , serta pemberian kartu asuransi kepada nelayan yang kesemuanya dilayani dengan gratis tanpa dipungut biaya..

Kegiatan Bakti Sosial Hari Dharma Samudera 2017 ini sengaja dilaksanakan di Jember dengan bekerjasama antara Lantamal V Surabaya dengan Pemerintah Kabupaten Jember dan Rumah Sakit Bina Sehat Jember, Bakti Sosial tersebut melibatkan Tim Dokter Rs Bina Sehat, Dinkes Jember dan Tim Dokter Lantamal V Surabata.

Hadir pada kesempatan tersebut Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal V) Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto,S.E,.M.M. sekaligus berkenan membuka Operasi Bakti Sosial tersebut, Bupati Jember dr Faida MMR, Wakil Bupati Jember Drs Muqid Arif, Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni dan para Kepala Dinas sejajaran Pemkan Jember.

Kegiatan diawali dengan  peninjauan ke lokasi operasi katarak di RS Binasehat Jember  yang menangani 180 pasien 50 pasien khitan,  500 pasien untuk Kesehatan umum, 100 pasien untuk Gigi, 50 pasien untuk bedah minor, 2 pasien untuk bedah mayor dan 160 pasien untuk pelayanan KB (90 implan, 40 IUD, dan 30 suntik ).

Bakti Sosial ini memberikan pelayanan kepada 1.024 orang pasien yang diketuai Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal V Kolonel Laut (K) dr. Asih Pudjowidodo, dalam pelaksanaan bakti sosial ini panitia melibatkan beberapa medis dan paramedis yakni, 3 orang dokter spesialis TNI AL, 2 orang dokter umum TNI AL, satu dokter gigi TNI AL, 6 orang PPDS Mata Unair, serta dua orang bidan dari TNI AL.

Bupati Jember dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dengan kegiatan Hari Dharma Samudera 2017 ini yang dilaksanakan di kawasan wilayah pantai Puger dan sekitarnya bahkan pada kesempatan tersebut juga dibagikan 3000 kartu nelayan, dan layanan-layanan kesehatan lainnya sehingga diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Puger dan sekitarnya, bersama TNI AL karena kecintaannya dengan nelayan dan masyarakat sekitar laut maka bakti sosial ini diselanggarakan di Kecamatan Puger Kab Jember dan sekitarnya.

Sementara itu Dan Lantamal V Surabaya dalam sambutannya menyampaikan bahwa Hari Dharma Samudera tidak hanya milik Angkatan Laut saja tetapi semestinya harus diperingati oleh seluruh Bangsa Indonesia, karena lahirnya Hari Darma Samudera yang jatuh pada tanggal 15 Januari  merupakan terjadinya pertempuran yang heroik antara Armada Laut Indonesia dengan Armada Laut Kerajaan Belanda dalam meperebutkan kembalinya Irian Barat (saat itu) ke pangkuan ibu pertiwi yang diawali dengan pengiriman intelijen Angkatan Darat, dan keterlibatan masyarakat juga sangat besarsaat itu, sehingga Hari Dharma Samudera  tidak hanya milik angakatan laut saja.

Menurut Danlantamal V,  TNI Angkatan Laut merupakan komponen utama pertahanan negara di laut yang salah satu tugasnya adalah melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan wilayah laut. Tugas tersebut diarahkan untuk menggali dan memberdayakan potensi maritim menjadi potensi pertahanan serta menciptakan kondisi yang kondusif guna mendukung rencana pembangunan nasional.

Secara terpisah Komandan Kodim 0824 Letkol Inf Rudianto saat dimintai konfirmasinya terkait Bakti Sosial tersebut  menyampaikan yang pertama ucapan “Selamat Hari Samudera 2017, Semoga Angkatan Laut Semakin Jaya Dalam Mengawal Kedaulatan Laut Indonesia”, yang kedua saya sangat berterima kasih dengan digelarnya bakti sosial di Puger ini tentunya sangat membantu tugas kami Komando Teritorial dan Pemerintah Daerah Kab Jember dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan dengan pelayanan kesehatan gratis sebagai kebutuhan dasar kehidupan manusia. (sis24, email: kodim0824jbr@gmail.com)

No Response

Leave a reply "Dandim 0824 : Selamat Hari Dharma Samudera 2017 Semoga TNI AL Semakin Jaya Dalam Menjaga Kedaulatan Laut Indonesia"