DESAIN UNIK, PASAR MELIRIK

1160 views

Jember Kita. Sekelompok anak muda tengah asyik memilih kaos yang terletak di salah satu outlet di jantung kota Jember. Mereka tampak antusias memilih kaos yang bercirikan Jember untuk dibawa pulang. Salah satu dari mereka tampaknya tertarik dengan kaos warna abu-abu dengan design tower air Pasar Tanjung yang terkesan klasik dan ikonik. Tak butuh aktu lama untuk memilih, ia kemudian memantapkan pilihan pada kaos tersebut.

Ya, saat ini Jember tengah dibanjiri oleh industri kreatif garmen yang sedang ngetrend dengan kaos Jemberan. Kaos tersebut seolah membanjiri pasar-pasar di Jember, mulai dari pasar tradisional, outlet khusus, hingga pusat perbelanjaan besar.

Jember yang mulai menggeliat dari sisi kunjungan wisata dari tahun ke tahun, rupanya dibaca cermat oleh pelaku usaha. Mereka seolah berlomba sekreatif mungkin untuk menyeret pasar ke dalam industri kreatif yang mereka produksi. Salah satu pelaku usaha dalam industri garmen yang rutin memproduksi kaos Jemberan adalah Dian. Owner label Biru Daun ini melakoni usaha kaosnya sejak tahun 2010, dan mulai membuka outlet sendiri di tahun 2012.

Berbekal dari kecerdasannya membaca kebutuhan pasar, ia dan suami saling mengisi dan berkarya secara total dalam menciptakan kaos-kaos khas Jember. Berbekal pemikiran awal bahwa potensi anak muda di Jember sangatlah banyak, ia memantapkan langkah untuk menapaki industri yang cukup baru baginya. Genre yang sebagian besar tergila-gila pada casual fashion ini menurutnya bisa jadi pangsa pasar yang besar untuk usaha yang akan ia geluti.

Karena Dian membidik pasar anak muda, ia tak bisa berhenti untuk membarui desain yang ia buat. Ia harus terus menciptakan desain-desain unik yang bisa memikat hati segmen pasarnya. Persaingan sengit dalam industri ini juga membuatnya harus sekreatif mungkin untuk membuat desain yang tak sama dengan yang lain

No Response

Comments are closed.