Jember Kota Pandhalungan

Deteksi Dini Kekurangan Air

70 views

Pengairan  Untuk mengatasi kekurangan air yang kerap melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Jember  saat musim kemarau, Pemerintah Daerah setempat melalui Dinas   Pengairan memberi  berbagai solusi pada wilayah-wilayah  yang rawan kekurangan air.
Ali Mukarom,  Kabid Operasional dan Pemeliharaan Dinas Pengairan Jember menjelaskan, bahwa saat ini beberapa wilayah di Jember memang kekurangan air , baik Jember bagian utara maupun Jember selatan.

“saat ini memang Jember kekurangan air , kalau kekeringan sampain saat ini masih belum ada laporan dari masyarakat, hanya kekurangan air saja, terutama di Jember selatan” ujarnya dalam acara talkshow di salah satu radio di Jember.

Karena itulah, berbagai cara dilakukan dan dioptimalkan untuk lebih mengantisipasi terjadinya kekeringan tersebut.  Hingga saat ini,  Dinas Pengairan  bersama  dengan 16 UPT  di masing-masing wilayah   melakukan monitoring saluran irigasi , mengoptimalisasi pompa dan sumur-sumur untuk daerah hilir yang kekurangan air, serta  menggalakkan pola tanam dengan mengurangi pembiasaan tanaman padi menjadi polowijo untuk daerah-daerah hulu, antara lain  seperti daerah Ledokombo, Sumber Jambe, Sukowono, dimana daerah tersebut merupakan daerah yang masih berpotensi”jelasnya.

Ali berharap bahwa dengan cara tersebut dapat meminimalisir kekurangan air, serta dapa tmengantisipasi terjadinya kekeringan di Jember.(*)

No Response

Comments are closed.