Dewi Rengganis Jadi Pamungkas Pandhalungan Night Show

Dewi Rengganis ikut meramaikan pagelaran terakhir Pandhalungan Night Show (PNS) yang digelar di Jember Edu Garden (JEG), Jumat (24/03/2017) malam. Ia muncul dalam Opera Pandhalungan.

Puteri kerajaan yang namanya melegenda di Kabupaten Jember, utamanya di masyarakat lereng Gunung Argopuro, ini diperankan oleh dr. Hj. Faida MMR., Bupati Jember yang menyukai kesenian.

“Dengan seni hidup semakin indah. Seni memiliki bahasa universal sebagai alat pemersatu bangsa,” tutur Bupati perempuan pertama di Jember ini soal keterlibatannya dalam opera atau ketoprak tersebut.

PNS terakhir ini merupakan edisi keenam sejak digelar Januari lalu. Puncak pagelaran ini dikemas cukup spektakuler. Ratusan seniman dan budayawan terlibat di dalamnya. Mulai dari yang masih bocah hingga seniman kawakan. Semenetara desain panggung juga lain dari sebelumnya. Penonton pun semakin antusias.

Simak Juga:

Sebagai media penyampai pesan, opera pandhalungan dimanfaatkan untuk menyampaikan komitmen pemerintah, yakni benar tujuannya, benar caranya, dan benar hukumnya, atau biasa disebut oleh Bupati, sebagai 3B. Kepemimpinan juga dijalankan secara tegak lurus.

Bagi penonton, alur cerita opera tidak begitu tampak. Penonton lebih banyak disuguhi humor yang mengundang gelak tawa. Bupati Faida juga tampak piawai mengimbangi seniman kawakan yang ikut berperan dalam opera.

Alur cerita yang dipahami penonton adalah Dewi Rengganis dipersunting Adipati Wirogeling. Namun Dewi Rengganis menolak karena Adipati Wirogeling bertabiat buruk.

Akibat penolakan itu, terjadi perang. Dewi Rengganis keluar sebagai pemenang hingga menjadi pemimpin di Kadipaten Kembang Taman. Ia mendeklarasikan akan memimpin kerajaan dengan tegak lurus. (*F2/Izza)

No Response

Leave a reply "Dewi Rengganis Jadi Pamungkas Pandhalungan Night Show"