Jember Kota Pandhalungan

Didepan Tim KEK, Bupati Paparkan Potensi Wisata Jember

Bupati Jember, dr. Hj. Faida MMR., menyampaikan paparan akan potensi wisata di Kabupaten Jember, kepada tim Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dari sejumlah kementrian yang hadir berkunjung ke Jember. Paparan disampaikan Bupati saat menyambut kehadiran tim KEK di Pendapa Wahya Wibawa Graha Kabupaten Jember, sabtu (1/10/2016).

Bupati yang didampingi Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqiet Arif, menyampaikan satu persatu potensi yang ada diwilayahnya. Dimulai dari potensi pantai Papuma. Pantai Papuma setidaknya berjarak sekitar 40 km dari kota. Selama ini pengelolaan pantai Papuma dilakukan oleh PT. Perhutani karena memang masuk dikawasan tanah milik Perhutani.

Dengan ini diharapkan untuk dijadikannya satu retribusi satu gerbang menjadi Retribusi Pemkab Jember yang akan menjadi kawasan ekonomi khusus, karena selama ini, masih terdapat dua retribusi antara Pemkab Jember dan Perhutani.

Potensi berikutnya, adalah Tempat Pelelangan ikan (TPI) di Puger dengan produksi perikanan tangkap kurang lebih 4250 ton, Tongkol, Cakalan dan Lemuru andalannya dan pemasarannya ke Surabaya juga Jakarta, konsumsi pabrik termasuk wilayah terdekat Banyuwangi dan Situbondo ini merupakan UPT Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur.

Potensi ditempat tersebut selain juga pariwisata, pertanian, perikanan budidaya, perikanan tangkap dan industri pengelolaan ikan, tapi ini salah satu permasalahan proses pelelangannya tidak sesuai dengan yang diharapkan, kawasan ini apabila dikembangkan menjadi kawasan ekonomi khusus dengan diharapkan pengembangan pariwisata ini supaya menjadi jalan hidup mereka.

Potensi wisata lainnya adalah, pantai Pancer. Status tanah pesisir ini yang dikuasai oleh negara yang dikuasai oleh Pemkab Jember, dimana sampai saat ini Pemkab Jember sedang melalukan permohonan yang sedang diproses. “Pantai Pancer ini belum terlalu di promosikan namun jumlah pengunjung domestiknya sangat besar ini menjadi pengungkit perputaran ekonominya,” terang Bupati.

Sementara itu ketua rombongan dari tim KEK, Profesor Widodo menyampaikan bahwa sebelumnya Bupati Jember suddah getol road show ke kementrian, sehingga saat ini layak untuk diperjuangkan secara nasional juga.

“Ibu Bupati yang road show dibeberapa kementrian, termasuk di kemenko, Jember termasuk yang berpotensi untuk ditetapkan sebagai KEK ,tim berharap sekali yang terbaik untuk Jember,” ujarnya.

Potensi lain yang belum digarap serius menurut Widodo adalah, ada potensi pengembangan mutiara di pantai Papuma. “Menurut pak Chou juga pantai papuma lebih menarik dan bagus daripada pantai dikorea dan pantai lot,” imbuhnya. (Mutia, Izza)

No Response

Leave a reply "Didepan Tim KEK, Bupati Paparkan Potensi Wisata Jember"