Diguyur Hujan, Tak Menyurutkan Belasan Ribu Peserta Ikur Tajemtra

Meski sempat diguyur hujan deras tak menghalangi belasan ribu peserta tetap meriahkan gerak jalan Tanggul Jember Tradisional (Tajemtra). Gerak jalan yang berlangsung kemarin, Sabtu (17/12/2016) diselenggarakan oleh Pemkab Jember melalui Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) cukup menarik antusias masyarakat Jember untk mengikutinya, bahkan tercatat 16 ribu lebih peserta, jumlah yang melebihi peserta Tajemtra pada tahun-tahun sebelumnya. Belum lagi masyarakat yang ikut gerak jalan, namun tidak turut mendaftar, jumlahnya cukup banyak.

Start dari alun-alun Tanggul Jember dan di finish di Alun-alun pusat Kabupaten Jember. Sebelum start di mulai Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., bersama suami juga Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief bersama istri juga Anggota DPRD dan segenap jajaran Forkompimda Kabupaten Jember, serta Kapolres baru yaitu AKBP Kusworo Wibowo S.H., nampak hadir di tribun kehormatan sambil menyaksikan peserta yang bersiap di jalur start. Selain peserta dari masyarakat biasa, juga nampak dibarisan depan peserta difabel yang menggunakan kursi roda turut memeriahkan acara. Selanjutnya peserta diberangkatkan oleh Bupati Faida, dengan dilanjutkan rombongan Bupati yang juga mengikuti gerak jalan tersebut.

Sebelumnya, Bupati Faida menyatakan harapannya bahwa Tajem tahun ini bisa berjalan tertib dan rapi. Dan naga-naganya harapan tersebut terwujud, hingga dilokasi finish pada malam harinya praktis berjalan lancar tanpa halangan yang berarti.

Even ini kedepan di harapkan dapat di kelola oleh manajemen yang profesional dan menjadi daya tarik, lebih inovatif supaya dapat menarik dan menjadi event nasional yang di minati oleh peserta dari luar negeri. Bupati menyampaikan bahwa kunci sukses ialah perjalanan dari Tanggul ke Jember mampu mendongkrak ekonomi rakyat selama even ini berlangsung. Banyak yang bisa berjualan sepanjang jalan, sedikit banyak bisa menggerakan perekonomian rakyat. Tajemtra yang sudah menjadi tradisi di Jember setiap tahun, naga-naganya semakin menarik perhatian masyarakat. Terbukti sepanjang jalan masyarakat antusias menyaksikan para peserta yang sedang berjalan. Bahkan tak sedikit yang menyiapkan audio sound sistem di pinggir jalan, dengan harapan menyemangati peserta yang berjalan. Ada juga yang menyiapkan minuman gratis sepanjang jalan. Dan penontonnya tak pandang bulu mulai balita yang diajak orang tuanya, sampe orang tua memadati pinggir jalan sepanjang Tanggul hingga Alun-alun Jember.

Sementara peserta Tajemtra, mulai dari peserta difabel dengan menggunakan kursi roda, hingga masyarakat awam mulai dari anak-anak SD hingga kakek-kakek turut berjalan menyusuri jalanan dari Tanggul menuju Jember, sejumlah organisasi masyarakat seperti organisasi pencak silat juga beberapa kreatifitas peserta yang juga pelajar juga nampak memeriahkan acara. Nelum lagi anggota masyarakat, dan kelompok masyarakat yang turut berjalan tapi tidak dari lokasi start. Dan kesemuanya mengikut acara dengan baik dan tertib. (Mutia, Izza)

No Response

Leave a reply "Diguyur Hujan, Tak Menyurutkan Belasan Ribu Peserta Ikur Tajemtra"