Dinas PMD Lestarikan Budaya Hidup Gotong Royong

Gotong royong menjadi nilai sosial budaya yang hidup di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Untuk melestarikannya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Jember menggelar lomba kampung gotong royong.

Kepala Dinas PMD Pemkab Jember melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Kelembagaan Masyarakat Jumari menyampaikan, ada empat komponen penilaian dalam lomba tersebut.

“Ada empat komponen yang meliputi keamanan, kesehatan, lingkungan, dan ekonomi masyarakat,” jelas Jumari, Selasa (7/2/2916), usai rapat koordinasi dengan Kasi PMD dan Kesejahteraan Sosial se-kabupaten di Kantor Dinas PMD di Jl. Jawa.

Masing-masing komponen memiliki bobot penilaian tersendiri. Ia menyontohkan, komponen keamanan diantaranya ketersediaan pos kamling, aktifitas masyarakat dalam pengaman.

Kesehatan diantaranya terkait ketersediaan posyandu, Puskesmas Pembantu (Pustu), maupun kehidupan masyarakat yang terkait dengan pemeliharaan kesehatan.

Tentang lingkungan, penilaian diantaranya meliputi pemeliharaan tanaman, kebersihan lingkungan, maupun kenyamanan.

Sementara terkait komponen ekonomi, dinilai dari aspek tingkat kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Lebih jauh Jumari menjelaskan, penilaian awal adalah bersifat administratif. Selanjutnya akan dilakukan penilaian faktual di desa atau kelurahan yang ikut dalam kegiatan itu.

Dijelaskan, setiap kecamatan akan mengirimkan satu desa atau kelurahan untuk ikut lomba ini. Bagi desa atau kelurahan yang terpilih akan diikutkan dalam lomba tingkat propinsi. (*F2)

No Response

Leave a reply "Dinas PMD Lestarikan Budaya Hidup Gotong Royong"