Jember Kota Pandhalungan

Diperindag Persiapkan Produk IKM Untuk Perkuat Perekonomian

Produk-produk hasil produksi dari Industri Kecil Menengah (IKM) di wilayah Kabupaten Jember, diharapkan bakal mampu bersaing dan aktif sebagai pendongkrak perekonomian masyarakat di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Hal ini ditegaskan Plt. Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag dan ESDM, Drs. M. Djamil, M.Si, saat mengadakan Gelar Produk dengan tema Produk Industri Kecil Menengah Jember Siap Berperan Aktif dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang di hadiri oleh Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, dan sejumlah tamu undangan lain seperti perwakilan Bank Indonesia, Universitas Jember, Politeknik Negeri Jember, segenap jajaran SKPD di lingkungan Kabupaten Jember, di Aula Hotel Panorama Jember, Rabu (19/10/2016).

Menurut Djamil, dalam forum ini telah di hadirkan beberapa produk yang secara bersama dari para IKM yang merupakan binaan dari Disperindag, dimana dalam gelaran produk ini masing-masing peserta adalah mereka yang pernah di latih secara mandiri baik di latih secara bekerja sama dengan beberapa rekanan yang di antaranya ialah Politeknik Jember, Universitas Jember juga Balai Batik di Jogjakarta.

Ini kesempatan untuk mempromosikan semua produk IKM mulai dari makanan, minuman olahan, batik, handycraft, cerutu juga terdapat produk baru yaitu mengkudu yang sudah memenuhi produk kualitas ekspor hingga sampai ke prancis. Dan juga acara ini merupakan ajang silturrahmi, di harapkan ajang silaturrahmi ini dapat memberikan tambahan motivasi agar supaya hasil karya IKM ini tidak hanya bisa di tampilkan dalam kesempatan-kesempatan ini.

Namun beberapa pihak di antaranya pihak travel agent, pihak perhotelan, juga beberapa pengusaha yang bisa menjadi buyer bagi produk-produk juga dihadirkan agar nantinya bisa mempromosikan produk yang ada dan produk itu sendiri dapat di produksi secara terus-menerus. Dua perusahaan ritel nasional indomaret, dan alfamart juga diundang hadir. Diharapkan melalui 300 lebih outlet mereka mampu membangun produk-produk unggulan Kabupaten Jember, hingga ke pasar nasional.

Sementara itu, Wabup Muqit mengapresiasi atas terselenggaranya acara gelar produk unggulan ini. “Yang tentunya pada kegiatan yang diselenggarakan pada hari ini dapat membangun citra positif bagi berbagai upaya pembinaan yang telah dan akan dilakukan oleh pemerintah kabupaten jember baik itu masalah mutu kemasan produk legalitas IKM di kabupaten jember.” Terang Wabup.

Kegiatan tersebut menurut Wabup menjadi media sehingga masyarakat luas lebih mengetahui produk para unggulan di kabupaten jember. “Sebagamana kita tahu bahwa jember ini pada dasarnya sangat kaya dengan prodak produk yang dikenalkan d tempat ini, sehingga acara seperti ini juga dapat di manfaatkan dengan baik,” imbuhnya.

Produk Jember bukan hanya produk edamame atau cerutu, oleh karena itu acara yang diselenggrakan ini mengenalkan bahwa di Jember memiliki produk yang jika dikembangkan akan sangat memanfaatkan dan menghasilkan hasil yang kongkrit dan baik untuk kabupaten Jember. Dijember juga tidak hanya punya JFC tapi juga ada budaya seni lokal can macanan kadduk. “Bagaimana kita mempromosikan produk kita, secara maksimal hingga bisa dikenal dan menembus pasar dunia,” harapnya.

Apa yg dilakukan saat ini sesuai dengan semangat pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang berusaha untuk membangun ekonomi. IKM dan atau UMKM merupakan industri ekonomi yang lebih tahan banting ketimbang perusahaan besar. Karena memiliki nilai daya saing yang lebih baik, dengan segala kreativitasnya. (Mutia, Izza)

No Response

Leave a reply "Diperindag Persiapkan Produk IKM Untuk Perkuat Perekonomian"