Direncanakan, Jember Bersholawat Digelar di Semua Kecamatan

Harapan untuk membumikan sholawat di Bumi Pandhalungan, agaknya bukan hanya menjadi impian belaka. Ini setidaknya terlihat dari pernyataan yang disampaikan Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR, saat menghadiri acara Jember Bersholawat, di lapangan Yosorati, Kecamatan Sumberbaru.

Bupati menyatakan kekagumannya pada persiapan yang dilakukan untuk menggelar acara Jember Bersholawat. Meski lapangan yang digunakan untuk tempat acara becek, karena seharian diguyur hujan, namun berkat kesigapan dan inisiatif dari panitia, lapangan itupun masih layak untuk digunakan sebagai tempat acara.

Pujian Bupati Faida bahkan juga ditujukan kepada jalan becek yang ditutup pakai anyaman bambu (sesek). Sedemilkian rapinya sesek bambu yang ditata panitia, sampai-sampai pejabat yang mendampingi bupati untuk meninjau stand pameran tidak merasakan kalau lagi berjalan di atas tanah becek.

“Saya terharu, ditotonya sedemikian rupa. Melayani masyarakat, barisannya rapi, kursinya rapi, pengunjungnya rapi, jamaahnya rapi, anak-anak sampai yang tua. Kalau rapi kayak begini, tahun depan boleh diulang lagi Sumberbaru,” ucap Bupati Faida, yang disambut aplaus jamaah Jember Bersholawat.

Yang lebih mengagumkan lagi, acara Jember Bersholawat yang digelar di Sumberbaru ini, juga dihadiri kalangan habaib dari Tanggul. Kehadiran para habaib ini untuk ikut memeriahkan acara Jember Bersholawat, agar Jember benar-benar menjadi Bumi Sholawat.

“Tahun ini ada sembilan kecamatan dan sembilan tempat yang menyelenggarakan acara Jember Bersholawat. Ada enam kecamatan diselenggarakan panggung seni budaya masyarakat. Mudah-mudahan tahun depan bkeinginannyagarakan di 31 kecamatan,” harap Bupati Faida.

Apa yang disampaikan Bupati Faida terkait keinginannya untuk Membumikan Sholawat di Bumi Pandhalungan Jember ini, selaras dengan keinginan masyarakat dan kalangan pesantren di Kabupaten Jember. Bahkan Dr. KH. Abdullah Syamsul Arifin, yang merupakan Ketua PCNU Jember, dalam acara Jember Bersholawat di lapangan Bangsalsari menyampaikan harapan yang sama.

Pada acara Jember Bersholawat di Bangsalsari itu, Gus Aab, panggilan akrab KH Abdulah Samsul Arifin, menyampaikan harapannya, agar di tahun depan gelar Jember Bersholawat digelar di seluruh kecamatan di Kabupaten Jember. “Berbanggalah kita masyarakat Jember, karena memiliki bupati yang cinta sholawat,” ucap Gus Aab ketika itu.

 

No Response

Comments are closed.