Jember Kota Pandhalungan

Disetujui Dewan, Raperda RPJMD Akhirnya Ditetapkan

Rapat Paripurna Penetapan Raperda RPJMD kabupaten Jember tahun 2016-2021 Kamis (28/7/2016) berlangsung lancar tanpa koreksi dan pengurangan rancangan sama sekali dri dewan. Semua pimpinan fraksi di DPRD Jember menyatakan persetujuan dan dukungannya terhadap RPJMD yang digagas eksekutif tersebut.

RPJMD yang menuangkan rencana kerja dan program untuk merealisasikan 22 janji Bupati dan Wakil Bupati tersebut akhirnya ditandatangani pimpinan dewan bersama Bupati dengan disaksikan oleh seluruh pimpinan SKPD, beserta tamu undangan serta seluruh peserta siding paripurna.

Namun sebelumnya acara berisi pandangan akhir fraksi-fraksi yang di sampaikan oleh perwakilan dari fraksi-fraksi. Pandangan akhir RPJMD Fraksi Hanura dan Demokrat, menyatakan bahwa pendidikan gratis merupakan amanat secara nasional, program ini belum berjalan sempurna, namun semangat dan tekad Pemkab sangat perlu diapresiasi, dan kiranya patut dijadikan bahan pertimbangan tentang fasilitas, mutu kualitas pendidikan. Disamping itu rencana peningkatan bandara Notohadinegoro masih perlu kajian yang mendalam, dapat diselesaikan sesuai hukum yang berlaku. Penerapan program 1 desa 1 dosen patut menjadi perhatian utama dan dirancang sematang mungkin, jangan sampai program ini terhenti karena tidak efektif seperti program sebelumnya.

Sementara pandangan akhir Fraksi Nasdem menegaskan penyusunannya yang terbuka merupakan gerakan perubahan restorasi indonesia, 22 janji kerja bisa dilakasanakan optimal bagi seluruh rakyat Jember, program yang sangat ditunggu pendidikan gratis diapresiasi karena telah dilaksanakan tahun ajaran baru ditahun ini, dan area baru untuk difabel yang sudah siap. Fraksi Nasdem memberikan support terhadap pencapaian 22 janji kerja.

Pandangan akhir Fraksi Amanat Pembangunan memberikan rekomendasi kepada Pemkab harus bisa memastikan bahwa SKPD harus mampu mengurai secara detail maksud dari seluruh rencana program yang ada dalam RPJMD, agar tercapai indikator, dasar pemikiran yang kuat, penempatan kepada SKPD yang handal dan amanah. Insetif guru ngaji yang dinaikkan 3 x lipat pertahun sangat tepat sasaran. Program pengurangan kemiskinan dan pengangguran dengan membuka lapangan kerja, dan Jember sebagai kota wisata dan budaya perlu penangan yang khusus.

Pandangan akhir Fraksi Keadilan Sejahtera berharap untuk tetap meluruskan RPJMD, pendidikan gratis perlu dicermati memberikan solusi meningkatkan pendidikan gratis. Insentif guru ngaji agar segera dicairkan. Sedangkan pandangan akhir Fraksi Golkar mengajak kepada seluruh element masyarakat Jember membangun Jember, demi kemajuan pembangunan Jember golkar menyetujui. Senada dengan Golkar, PDI-P juga mendukung penuh dan menyetujui semua yang sudah tercantum dalam RPJMD.

Pandangan akhir Fraksi Gerindra, mengapresiasi 22 janji kerja Bupati Jember, pengembangan bandara perlu ditindaklanjuti. Pendidikan gratis yang perlu pertimbangan. Sementara pandangan akhir Fraksi PKB, sedikit kritis dan meminta bukti atas program dan janji kerja bupati. Fraksi ini mendesak formula untuk pendidikan gratis, dan penyelesaian tanah bandara notohadinegoro.

Menanggapi semua pandangan akhir fraksi-fraksi, Bupati Jember, dr. hj. Faida MMR., menyatakan siap menerima segala masukan dan saran dri dewan demi kemajuan Jember kedepannya. “Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Jember menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Jember atas segala saran dan masukan yang telah di berikan pada rangkaian sidang-sidang pembahasan materi rancangan peraturan daerah RPJMD kabupaten jember 2016-2021 sebelumnya.” Ujarnya.

Atas masukan dan saran sangat diperhatikan dan akan diakomodir kedalam rancangan peraturan daerah RPJMD. Perda tersebut selanjutnya di konsultasi kan kepada Gubernur Jawa Timur untuk di evaluasi dan mendapat rekomendasi penyempurnaan sebelum di tetapkan di Kabupaten Jember tentang RPJMD Kabupaten Jember tahun 2016-2021. (Izza, Mutia)

No Response

Leave a reply "Disetujui Dewan, Raperda RPJMD Akhirnya Ditetapkan"