Jember Kota Pandhalungan

Disperindag dan ESDM Bekali Warga Kemampuan Mekanikal

Dinas Perindustrian Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag dan ESDM) Kabupaten Jember memberikan pelatihan otomotif dan mekanikal logam kepada 40 warga selama seminggu.

Kepala Bidang Perindustrian pada Disperindag dan ESDM Kabupaten Jember Nanis Prihatin menjelaskan pelatihan kerja tersebut dilaksanakan sejak Senin hingga Sabtu (21 – 26/11/2016).

“Kami sudah bekerja sama dengan pihak Balai Latihan Kerja (BLK) UPT Disnakertrans Provinsi Jatim sejak lama untuk memberikan pelatihan-pelatihan yang sudah terjadwal dalam program kami,” kata Nanis di kantornya, Selasa (22/11/2016).

Keterampilan yang diberikan meliputi bidang otomotif jurusan sepeda motor dan mekanikal logam berupa keterampilan las. Instruktur yang memandu berasal dari BLK. Materi dan praktek dilaksanakan di BLK di Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates.

Selain mendapat keterampilan secara gratis, peserta mendapat uang saku dan akomodasi lain selama pelatihan. “Fasilitas akomodasi, bahkan juga uang saku dari pemerintah melalui Disperindag dan ESDM sebagai pelaksana kegiatan pelatihan,” jelasnya.

Nanis berharap keterampilan yang didapat bisa membuka peluang usaha. “Untuk bantuan peralatan bagi peserta pelatihan tidak ada. Bisa mengajukan, namun melalui kelompok usaha bersama,” ungkapnya.

Salah satu peserta pelatihan otomotif Suprianto (40) mengungkapkan kegembiraannya mengikuti pelatihan otomotif tersebut. Baginya, pelatihan otomotif sepeda motor dapat memberinya ilmu tambahan yang akan berguna kemudian hari.

“Alhamdulillah. Dengan ikut pelatihan di BLK ini dapat memberi saya ilmu tentang perbengkelan, terutama mesin sepeda motor,” ucapnya.

Ia berencana membuka bengkel di rumahnya pasca pelatihan. “Maklum sementara ini masih ikut orang. Dan saya berharap pemerintah sering melakukan pelatihan semacam ini,” harapnya. (*F2)

No Response

Leave a reply "Disperindag dan ESDM Bekali Warga Kemampuan Mekanikal"