Disperindag Lakukan Pendataan Pegiat Industri untuk Buka Kampung Industri

Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan ESDM Pemkab Jember melakukan pendataan pelaku industri. Upaya ini untuk mendapat informasi dan aspirasi guna penyusunan program peningkatan usaha.

“Agar mendapatkan informasi yang valid, yang sesuai keadaan di lapangan, sekaligus menutupi kekurangan kita selama ini, setiap kali melakukan kegiatan dengan data yang minim,” jelas M. Jamil, Plt Kepala Disperindag ESDM, Kamis (22/12/2016).

Lebih jauh Jamil menjelaskan, arah dari pendataan tersebut untuk membankitkan usaha dari para pegiat industri. “Sosialisasi pendataan ini tentu menjadi motivasi bagi para pegiat industri untuk memberikan informasi usaha mereka maupun komunitas dalam jaringan mereka,” ujarnya.

Sosialisasi pendataan yang dilaksanakan di Hotel Bintang Mulya diikuti lebih dari 200 pegiat industri. Mereka berasal dari berbagai latar belakang usaha yang tersebar di 31 kecamatan di Kabupaten Jember.

“Kita sudah punya data awal tentang pegiat industri kreatif, data awal sentra sentra industri, data awal para wirausaha yang pemula. Ini yang kita undang (saat ini), yang setiap tahun kita up date terus,” jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan Jamil, sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), para pegiat industry ini diharapkan mampu membentuk kampung industri.

Kampung industri ini, lanjutnya, akan memberikan dorongan semangat berusaha bagi wirausaha baru. Kampung industry ini tidak sekedar sebuah sentra industry, namun ada manajemen yang memberikan arah kegiatan ekonomi.

Jamil menyatakan pemerintah memosisikan untuk memfasilitasi para pegiat industry tersebut. Sehingga, bentuk kampung industry tersebut sesuai dengan keinginan dari para pegiat itu sendiri.

Fasilitasi pemerintah juga dalam upaya meningkatkan kemampuan pegiat. Posisi ini juga termasuk untuk memenuhi kebutuhan lain kampung industri tersebut. “Yang jelas kita dalam posisi fasilitasi. Kalau kebutuhannya menyeluruh, tentu saja harus ada tahapannya,” jelasnya. (*F2)

No Response

Leave a reply "Disperindag Lakukan Pendataan Pegiat Industri untuk Buka Kampung Industri"