Dispora Gelar Pitaran Samakan Persepsi Pelatih Pramuka

Guna menyamakan persepsi dalam melatih para pramuka, Kantor Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jember menggelar Pitaran Pelatih Pembina Pramuka.

“Untuk menyamakan persepsi pelatihnya para pembina pramuka dengan undang-undang terbaru,” terang Dedi M Nurahmadi, SP, M.Si, Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Kabupaten Jember, Kamis (30/03/2017).

Kegiatan tersebut digelar selama dua hari, 29 – 30 Maret 2017, di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) Pramuka Kabupaten Jember.

Peserta sebanyak 120 orang. Mereka ini adalah para pelatih untuk jenjang Pramuka Siaga, Penggalang, dan Penegak. Narasumber dari Widyaiswara Gerakan Pramuka Kabupaten Jember.

Dijelaskannya, pitaran merupakan istilah yang dipakai di Pramuka untuk menyebut pelatihan. Saat ini pelatihan yang digelar untuk pelatih.

Sebelum pelatihan, para pelatih memiliki pengalaman sendiri-sendiri dalam melatih Pramuka. Namun, sejak ada UU 12 tahun 2010 tentang Pramuka, maka ada pedoman yang harus diikuti.

Dalam undang undang tersebut memuat panduan cara melatih Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega. Hal ini yang memerlukan penyamaan persepsi.

Kepala Dispora berharap pelatihan ini mampu menghasilkan formula terbaik dalam melatih para pemuda agar terhindar dari dunia negatif seperti Narkotika dan free sex.

“Kedepan kita akan lakukan terus sebagai upaya mengamankan generasi kita dari hal hal.yang tidak menguntungkan negara kita,” katanya di Pusdiklatcab. (*F2)

No Response

Leave a reply "Dispora Gelar Pitaran Samakan Persepsi Pelatih Pramuka"