Jember Kota Pandhalungan

Distribusi Raskin Ramadhan di Jember Rampung 100 Persen

Distribusi beras miskin (Raskin) atau beras keluarga sejahtera (Rastra) untuk bulan puasa Ramadhan 1437 H di Kabupaten Jember sudah rampung 100 persen, Rabu (8/6/2016).

Alokasi raskin untuk bulan puasa Ramadhan merupakan alokasi bulan Juni 2016. Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivre XI Jember akan kembali melakukan percepatan distribusi raskin untuk alokasi Juli 2016, Kamis (9/6/2016) besok.

“Untuk distribusi raskin besok adalah alokasi bulan Juli 2016. Jadi distribusi ini kami percepat. Jangan sampai ada kekosongan alokasi pada bulan Juni ini,” kata Kepala Bulog Subdivre XI Jember Khozin saat berada di gudang Bulog Mangli Jember, Rabu (8/6/2016).

Khozin menjelaskan, distribusi raskin kepada masyarakat ditujukan untuk menjaga stabilitas harga beras di pasar selama Ramadhan. Sehingga daya beli masyarakat pada bulan puasa ini meningkat.

“Bulog Jember setiap bulan mendistribusikan sebanyak 2.894 ton raskin kepada 192.951 RTSPM (Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat) yang berada di 31 kecamatan se Kabupaten Jember,” sebut Khozin.

Mengenai progres pengadaan gabah dan beras, Bulog Jember sudah menyerap sekitar 37.000 ton gabah dan beras petani. Ketahanan stok beras Bulog cukup untuk distribusi raskin 11 bulan ke depan.

“Ketahanan stok raskin kita cukup sampai bulan Mei 2017 mendatang. Saat ini beras disimpan di lima gudang Bulog Jember yaitu di Mangli, Kertosari, Jambearum, Yosorati dan Pecoro,” papar Khozin.

Dia menambahkan, Bulog Jember merupakan penyerap gabah dan beras terbesar nomor tiga se Jawa Timur setelah Surabaya dan Bojonegoro.

“Bulog Surabaya membawahi Surabaya, Gresik dan Sidoarjo. Bojonegoro juga meliputi penyerapan gabah dan beras dari Tuban dan Lamongan. Bulog Jember hanya menyerap di satu Kabupaten yaitu Jember,” tegasnya. (*f1)

No Response

Leave a reply "Distribusi Raskin Ramadhan di Jember Rampung 100 Persen"