Dorong Kelompok Senam, Agar Lansia Gembira

Sebagaimana tekad yang sudah dicanangkan, Jember harus menjadi kota yang ramah untuk segala umur, termasuk kalangan lanjut usia (lansia), maka Pemkab Jember melalui Dinas Sosial memandang perlu dilakukan sosialisasi kepada seluruh ketua PKK di wilayah masing-masing untuk membina Karang Wreda.

“Idealnya, Karang Wreda di setiap desa satu. Untuk kelompok senam kita dorong sebanyak mungkin supaya lansianya tetap bergembira dan sehat,” pinta Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR., dalam sambutannya pada acara Sosialisasi Pembentukan Karang Werda dan Optimalisasi Karang Wreda Sebagai Wadah Lansia Potensial dan Tidak Potensial di Desa/Kelurahan di Kabupaten Jember, di Pendopo Wahya Wibawagraha, Pemkab Jember, Selasa (7/11/2017).

Sebagai wadah para lansia, Karang Wreda merupakan paguyuban untuk menampung pelayanan dan kegiatan para lansia. Sebagai lembaga sosial kemasyarakatan, yang akan dibentuk di setiap desa dan kelurahan, Karang Wreda, akan menjadi mitra Pemerintah Desa/Kelurahan dalam rangka memberdayakan lansia.

Mengenai pelayanan yang akan dilakukan, meliputi bidang kesehatan, sosial budaya, ekonomi, agama serta cara pemecahan permasalahan yang dihadapi oleh para lansia. Untuk pembiayaan yang akan digunakan pada kegiatan lansia ini, menurut bupati, akan dimasukkan pada perubahan anggaran kegiatan PKK. Kebutuhan biaya untuk kegiatan lansia ini akan dimasukkan pada agenda bersama dinas-dinas, seperti program lansia akan dilakukan bersama Dinsos.

“Di Jember 10.9 % penduduknya termasuk kategori lansia di usia 60 ke atas yang sebagian adalah lansia potensial, sebagian lagi lansia tidak potensial. Dalam jumlah yang sangat besar ini. jika diurus dengan baik, potensinya akan menjadi luar biasa. Dan yang tidak potensial akan menjadi masalah yang luar biasa jika tidak terurus dengan baik,” ujar Bupati.

Untuk rencana taman-taman bagi lansia di setiap kecamatan bahkan desa, menurut bupati akan dilengkapi fasilitas untuk komunitas para lansia, supaya kualitas hidup lansia lebih baik. Sedang bagi lansia yang terlantarkan, bisa dapat diusulkan mendapat Rastra Daerah. Apabila mereka tidak tercantum pada daftar penerima rastra, juga bedah rumah bagi lansia terlantar, bisa diusulkan ke dinsos dan PUJK.

Sementara dari laporan Kepala Dinas Sosial, Pemkab Jember, Isnaini Dwi Susanti SM. MSi, diketahui, bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan itu, agar para lanjut usia tetap bisa melaksanakan fungsi sosialnya dan berperan aktif secara wajar dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selain itu, agar para lansia bisa meningkatkan kemajuan dalam berorganisasi dan berinisiatif. “Peserta yang hadir kurang lebih 270 tim penggerak PKK Kecamatan dan Desa/Kelurahan,” ungkapnya. (Izza, Mutia, Red. Indra GM)

No Response

Comments are closed.