Campak Rubella

DPRD Tetapkan Lima Perda Prakarsa

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jember menetapkan lima peraturan daerah dalam Rapat Paripurna DPRD yang digelar pada Sabtu (3 / 12/ 2016).

“Bahwa dalam proses demokratisasi penetapan peraturan daerah, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan bersama-sama antara eksekutif dan legislatif,” jelas Ayub Junaidi saat memimpin sidang.

Wakil Ketua DPRD Jember ini menjelaskan, penetapan lima Perda tersebut telah sesuai mekanisme yang diatur dalam tata tertib DPRD.

Terhadap penetapan Perda yang merupakan inisiatif DPRD tersebut, Ayub Junaidi menegaskan pentingnya pelaksanaan peraturan tersebut.

“Perubahan apapun terhadap suatu kebijakan tidak akan berdampak berarti apabila tidak ada ketegasan dan konsistensi dalam pelaksanaan di lapangan,” ujarnya.

Lima Perda prakarsa DPRD tersebut yakni (1) Perda Perlindungan Pasar Rakyat dan Penataan Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan, (2) Perda tentang Pelestarian Cagar Budaya.

Selanjutnya, (3) Perda Perlindungan dan Pemenuhan Hak Hak Penyandang Disabilitas, (4) Perda tentang Keterbukaan Informasi Publik, (5) Perda Bantuan Hukum Bagi Warga Miskin di Kabupaten Jember.

Lebih jauh Ayub Junaidi menegaskan, dari mana pun suatu bentuk perubahan dimulai, peran aparatur sebagai pelaksana masih memiliki posisi yang dominan dan sangat menentukan tingkat keberhasilannya.

“Karena itu penetapan ini perlu dukungan dan penanganan yang profesional dari aparatur pemerintah sebagai tenaga pelaksana dan memberikan pelayanan di lapangan,” tuturnya.

Penetapan 5 Perda tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan antara DPRD Kabupaten Jember dengan Bupati Jember.

Sementara itu Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR., menyampaikan penghargaan yang tinggi terhadap kinerja DPRD Jember, utamanya pimpinan dan anggota Pansus 1 dan 2.

“Sudah menjadi kesadaran dan komitmen kita bersama dalam memberikan pembangunan berkualitas di Kabupaten Jember,” tuturnya. (*F2)

Download Logo HUT RI 72
No Response

Leave a reply "DPRD Tetapkan Lima Perda Prakarsa"