Jember Kota Pandhalungan

DUA KEPALA DAERAH BANGUN KOMITMEN PERKUAT dan BANGKITKAN POTENSI DAERAH

FB_IMG_1460903140462

PT. Permodalan Nasional Madani (PT. PNM) cabang Jember hadirkan Bupati Jember dan Bondowoso, dalam acara galeri batik bangun komitmen ekonomi dan bangkitkan potensi daerah di kedua kabupaten, di Sumbersari Kecamatan Maesan Bondowoso, Minggu, (17/04).

Menurut Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR meminta kepada pelaku UMKM dari Jember dan Bondowoso yang hadir untuk membiasakan diri mencintai produk lokal.

“Agar produk lokal tidak kalah bersaing dengan produk luar, mari kita mulai dari konsumsi kita diri kita sendiri, karena dengan demikian kita saling menguatkan, antara kabupaten Jember dan Bondowoso saling mengisi, jika ada produk yang dimiliki Jember dan tidak dimiliki Bondowoso, maka kami siap menyediakan, begitu juga sebaliknya, jika dilihat di acara seperti ini seharusnya minumannya produk asli Bondowoso,” ujar Bu Faida.

Sementara Bupati Bondowoso Amin Said Husni, mengajak kepada masyarakat yang hadir agar lebih mencintai dan memakai produk lokal asli.

“Sudah saatnya pemerintah harus mendukung bagaimana membangun dan mengembangkan potensi produk asli daerah, bagaimana memiliki nilai ekonomis,” paparnya.

FB_IMG_1460903155682Sementara menurut anggota DPR RI, Ir. Azam Azman Natawijaya yang hadir pada kesempatan itu menyampaikan bahwa setiap produk lokal harus mempunyai ciri khas tersendiri, dan hal ini bisa dijadikan unggulan, seperti kain batik yang ada di wilayah eks Besuki, antara Banyuwangi, Jember, Bondowoso dan Situbondo ada perbedaan, sehingga memiliki ciri khas.

“Kalau batik Bondowoso motifnya daun singkong, Jember daun Tembakau dan Banyuwangi Gajah Oling, tapi dari ketiga motif tersebut, pasti ada ciri khas yang sama walau tidak dominan, dan jika saya lihat batik yang dihasilkan oleh ketiga kabupaten tersebut, pasti ada ciri khas warna merahnya, sehingga saya saat melihat orang berkemeja batik yang ada warna merahnya, ” ujar anggota DPR RI tersebut.

Usai acara, kedua kepala daerah sepakat untuk saling menguatkan kedua Kabupaten yang dipimpinnya, dan akan terus membangun kerjasama dengan Kabupaten lain di wilayah tapal kuda. (*)

No Response

Leave a reply "DUA KEPALA DAERAH BANGUN KOMITMEN PERKUAT dan BANGKITKAN POTENSI DAERAH"