Download Logo HUT RI 72

Dukung Suksesnya JFC 2017, Pemkab Jember Bebaskan Pajak Reklame dan Beri Bantuan Pengamanan

HUT RI 72

Bupati Jember dr Hj Faida, MMR kembali mempertegas komitmennya untuk mendukung keberhasilan penyelenggaraan Jember Fashion Carnaval (JFC) yang akan digelar pada 9 sampai 13 Agustus 2017 mendatang. Komitmen itu diwujudkan dalam bentuk kebijakan terkait momen akbar bertajuk Victory tersebut.

Bupati melalui Plt Sekretaris Kabupaten Jember Ir Mirfano mengatakan, beberapa kebijakan yang bakal diterbitkan untuk event bertaraf Internasional  ini di antaranya pembebasan sejumlah pajak reklame berupa baliho, spanduk kelas 1, spanduk kelas 2 dan poster (selebaran). “Jadi, ada beberapa kebijakan bupati soal partisipasi Pemkab Jember untuk JFC 2017 karena event Internasional ini kami yakin akan terselenggara dengan baik jika ada partisipasi dan dukungan semua pihak,” ungkap Mirfano – yang juga menjabat sebagai kepala Badan Pendapatan Daerah.

Selain pembebasan biaya pajak reklame, bupati juga akan menerbitkan perintah untuk pengamanan serta penertiban yang dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Jember. Tidak kurang dari 150 personel Satpol PP, baik yang ada di lingkup Pemkab Jember maupun yang ada di kecamatan, akan dikerahkan selama 5 hari secara berturut-turut dan simultan demi suksesnya JFC 2017.

 “Kami juga akan kerahkan Satpol PP dengan koordinasi sejumlah pihak terkait untuk tugas pengamanan ini. Tidak kurang 150 personel akan dikerahkan di sejumlah tempat yang dijadikan konsentrasi massa dan tempat penyelenggaraan JFC 2017,” ucap Mirfano.

Tidak hanya itu. Faida juga telah menginstruksikan kepada Dinas Perhubungan (Dishub) untuk segera melakukan penataan dan rekayasa lalu lintas, baik yang berkenaan langsung dengan tempat penyelenggaraan JFC ataupun dampak lalu lintas akibat pengalihan jalur di sejumlah titik-titik tertentu. “Jadi, nanti juga akan diatur rekayasan lalu lintas yang akan dilakukan pihak Dishub. Tentunya mereka akan berkoordinasi dengan pihak Polres Jember terkait rekayasa lalu lintas, baik di aera steril untuk penyelenggaraan JFC maupun pengarahan jalur alternatif lain sebagai dampak rekayasa lalu lintas ini,” kata Mirfano.

Pihak Dinas Perhubungan nantinya juga akan mempersiapkan sejumlah perlengkapan penunjang rekayasa lalu lintas ini. Di antaranya pagar pembatas insidental di sejumlah titik penyelenggaraan JFC 2017 serta pengerahan petugas untuk pemasangan sekaligus pengamanan perlengkapannya.

“Khusus untuk pemasangan pagar pembatas insidental ini akan dilakukan selama 14 hari berturut-turut sebelum hari-H penyelenggaraan. Untuk rekayasa lalu lintas atau persiapan pelaksanaan, Dishub akan mengerahakn sedikitnya 45 petugas yang akan bekerja secara simultan mulai H-7,” beber Mirfano.

Secara khusus Pemkab Jember juga akan memfasilitasi pengisi acara JFC 2017 (talent) yang berasal dari kecamatan-kecamatan berikut  transportasinya. “Jadi, kami juga persiapkan talent yang berasal dari kecamatan-kecamatan hingga mereka bisa berangkat sekaligus pulang ke daerahnya masing-masing,” ujarnya lagi.

Sejumlah persiapan ini tentu saja berdampak kepada anggaran yang sebelumnya telah diprogramkan di masing-masing OPD (organisasi perangkat daerah) sebagai bentuk kegiatan regular dan partisipasi Pemkab Jember untuk menyukseskan kegiatan yang telah mendapatkan sejumlah penghargaan baik berskala nasional ataupun internasional ini. “Terkait bantuan berupa hibah, sudah tidak bisa lagi dicairkan meskipun sebelumnya kami telah menganggarkan Rp 500 juta untuk JFC. Sekali lagi ini adalah aturan administrasi,” ucap Mirfano.

Kemungkinan perubahan anggaran yang dilakukan dalam Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PAPBD) agar tidak menyalahi aturan administrasi negara juga tidak dapat dilakukan karena waktu pelaksanaan JFC mendahului agenda PAPBD. JFC dilaksanakan Agustus. Sedangkan PAPBD kemungkinan besar akan diputuskan pada akhir Agustus dan baru bisa dilaksanakan pada akhir Agustus dan September. “Jadi, pendanaan JFC yang sesuai aturan, yakni include di program OPD dalam hal ini Dinas Pariwisata, juga tidak memungkinkan,” kata Mirfano.

Meskipun demikian, Pemkab Jember, sangat berharap agar penyelenggara JFC tidak berkecil hati. Sebab, pemkab akan mengupayakan tindakan yang maksimal agar event ini dapat terselenggara dengan baik. (*)

Sumber Berita: JemberTimes
Foto: Mutia, Izza

Download Logo HUT RI 72
No Response

Comments are closed.