PEREKONOMIAN

Perkembangan perekonomian di Kabupaten Jember dapat dilihat pada indikator besaran product domestic regional bruto (PDRB). Kontribusi terbesar dalam membentuk PDRB Kabupaten Jember pada tahun 2009 – 2010 adalah sektor pertanian, yang secara meyakinkan menyumbang berturut-turut 43,7% dan 41,4% dari total PDRB. Keberhasilan sektor ini tidak terlepas dari potensi alam dan lahan yang subur yang telah menjadikan Jember sebagai lumbung padi di Jawa Timur.

Selanjutnya, sektor yang menjadi penyumbang tertinggi terhadap PDRB adalah sektor perdagangan, hotel dan restoran dan sektor jasa-jasa. Besarnya kontribusi dari sektor ini didukung dengan peran dan fungsi Kota Jember sebagai pusat kegiatan wilayah yang melayani Kabupaten Jember, Bondowoso dan Situbondo.

Pertumbuhan ekonomi secara umum di Kabupaten Jember menunjukkan tren pertumbuhan ekonomi yang terus menaik, pada kisaran 6,04%, dimana pertumbuhan tertinggi dihasilkan oleh sektor perdagangan, hotel dan restoran (9,48%) diikuti sektor bangunan (8,91%) dan sektor industri pengolahan (8,37%)

 

Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Jember Tahun 2007 – 2011