Fasilitasi Pemkab Jember untuk Pencari Kerja

This slideshow requires JavaScript.

Pemerintah Kabupaten Jember memberikan fasilitasi dalam perekrutan tenaga kerja yang diselenggarakan oleh Transmart. Fasilitasi ini ditujukan untuk membantu warga Jember, khususnya pencari kerja.

Fasilitasi itu mulai tempat pendaftaran yang berada di Pendopo Wahyawibawagraha. Ditambah dengan pelayanan Kartu Kuning oleh Dinas Tenaga Kerja, serta pelayanan adminduk oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Demikian pula saat tes tulis dan wawancara di Balai Serba Guna (BSG) Kaliwates 28 – 29 Agustus, Pemkab Jember juga memberikan pendampingan fasilitasi.

“Kami memfasilitasi di bidang pengamanan, melibatkan 46 anggota Pol PP, 50 orang dari unsur Jukir dan petugas Dishub,”  Dr. H. Edy Budi Susilo, M.Si., Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

Terkait parkir, Edy menegaskan kepada Jukir yang bertugas untuk tidak menarik uang kepada peserta alias gratis.

Untuk pelayanan kesehatan, tenaga kesehatan juga telah disiagakan, mulai dari obat-obatan medis, paramedik, dan ambulans.

Edy berharap, fasilitas yang telah disediakan Pemkab Jember dapat memudahkan pelamar kerja, sehingga dapat fokus pada sesi wawancara. Ia pun berharap sinergi ini dapat menurunkan angka pengangguran  dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Jember.

Di jalanan depan BSG, beberapa petugas parkir terlihat sibuk. Salah satunya Abdurrahman. Pria ini mengaku melayani peserta career days tanpa memungut biaya parkir.

“Kami cuman menata parkir ini. Ikhlas membantu masyarakat,” tuturnya, Rabu (29/8/2018).

Dishub menyediakan nomor parkir dengan tulisan “Parkir Gratis”. Dengan karcis ini, pelamar yang memarkir kendaraannya tidak perlu membayar.

Dokter Arif dari Puskesmas Karangduren menjelaskan posisinya di Jember Safety Centre  (JSC), yang turut serta dalam melayani masyarakat Jember yang sedang mengikuti wawancara bila ada yang memerlukan P3K.

“JSC ini memang program dari pemerintah daerah, utamanya dari bupati yang sekarang melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Jember,” jelasnya.

Seorang pelamar bernama Lina mengaku program sinergi Pemkab Jember dan Transmart ini sangat membantunya.

Menurut perempuan asal Patrang ini, sinergi ini apat memberikan informasi bagi masyarakat Jember yang sedang mencari kerja. “Informasinya jadi lebih dapat gitu, dan prioritas warga Jember bagus ya,” tuturnya.

Menurutnya, dengan kegiatan yang seperti ini, Pemkab Jember telah mewujudkan kepeduliannya kepada masyarakatnya yang sedang mencari kerja.

Sementara itu, Herni Dian HR and CA Transretail Group mengakui peran penting Pemkab Jember dalam perekrutan tenagakerja ini. Persiapan maupun pelayanan telah banyak dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Jember.

Pelayanan yang diberikan sejak 6 Agustus lalu selama dua minggu pada proses pendaftaran hingga menghasilkan sekitar 7.117 pelamar yang akan mengikuti sesi wawancara.

Herni mengharapkan fasilitasi dari Pemkab Jember mampu menghasilkan yang terbaik. “Para pencari kerja dapat kita seleksi dengan baik prosesnya, dan mereka juga bisa melalui proses ini dengan baik pula,” tuturnya. (mutia/izza/*f2)                

No Response

Leave a reply "Fasilitasi Pemkab Jember untuk Pencari Kerja"