Jember Kota Pandhalungan

Festival Kuliner Pandhalungan Khas Jember Berlangsung Meriah

Sore tadi, Jumat 13 Mei 2016, mulai pukul 15:00 hingga saat ini, Festival Kuliner Pandhalungan Khas Jember 2016 sedang berlangsung. Hingga berita ini dinaikkan suasana masih tetap meriah.

Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR., nampak hadir dan sangat sibuk sekali, karena selain Kabupaten Jember sedang punya kegiatan ini, Kabupaten Jember juga sedang sebagai tuan rumah atas kunjungan studi banding dari Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Bupati Parigi Moutong beserta rombongan turut mengikuti dan langsung menuju masing-masing tenda dari peserta Festival Kuliner, selain untuk melihatnya kuliner-kuliner khas Jember, Bupati Jember dan Bupati Parigi beserta rombongan juga langsung mencicipinya dan bertanya bahan dan cara untuk memasaknya, serta menjelaskan kepada para tamu dari Kabupaten Parigi.

Festival Kuliner Pandhalungan Khas Jember ini sendiri bertujuan untuk memperkenalkan kuliner khas jember kepada daerah lain serta mengangkat budaya, khususnya yang ada di Jember. Dalam Festival ini juga diperkenalkan bahan beras yang terbuat dari singkong yaitu beras kebuli.

Tak kurang dari 30 peserta yang memiliki talent memasak, yang tersebar dari beberapa Kecamatan di Kabupaten Jember, nampak turut memeriahkan festival kuliner yang baru digelar di Jember tersebut.

Dalam kesempatan ini Wabup Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief menyampaikan dalam sambutannya, “Bahwa selain menjadi destinasi wisata edukasi, Jember juga memiliki kuliner yang tidak kalah enaknya jika dibandingin daerah lain.”

Selain itu dalam wawancara terhadap media, Bupati Faida menyampaikan untuk para pemenang lomba, menunya akan dijadikan makanan khas Jember untuk menyuguhi para tamu-tamu kedinasan di Kabupaten Jember.

“Kami ingin mengangkat potensi para entrepreneur muda khusus pecinta kuliner, untuk menyajikan hasil karyanya,” imbuhnya.

Menurutnya, selama ini Kabupaten Jember belum memiliki masakan khas asli Jember, sehingga harapannya dengan kegiatan ini akan muncul masakan khas Jember.

Sementara menurut salah satu Panitia dari Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember menyampaikan bahwa pihaknya sebagai panitia telah mempersiapkan kegiatan jni sebaik-baiknya demi suksesnya acara tersebut.

“Kami dari Kantor Pariwisata mencoba menghadirkan putra-putri daerah untuk unjuk kebolehan, memasak dan langsung dicicipi oleh Bupati Jember” jelas Naning Benty, Kasi Sarana Jasa dan Obyek Wisata Kabupaten Jember.

Acara berlangsung begitu meriah, ditambah hiburan musik patrol dan seni macan-macanan kaduk serta pertunjukan pencak silat asli Kabupaten Jember.(Zikin)

No Response

Leave a reply "Festival Kuliner Pandhalungan Khas Jember Berlangsung Meriah"