Festival Wirakarya Resmi Dibuka Bupati

Festival Wirakarya Kampung Kelir resmi dibuka oleh Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR. Pembukaan berlangsung meriah di halaman samping Gedung GNI Kaliwates, Senin (30/7/2018) malam.

Kampung Kelir Gladak Kembar akan dibangun oleh 1.000 Pramuka Penegak dari Kabupaten Jember dan Lumajang. Kampung ini nantinya diharapkan menjadi percontohan.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jember, Dedi M. Nurahmadi, SP. M.Si. mengatakan, Kampung Kelir merupakan pelaksanaan salah satu program dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur.

Program ini bertujuan memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, dan sikap mental bagi Pramuka Penegak yang dipersiapkan untuk menjadi calon pemimpin yang berkualitas , berprestasi, serta mencukupi kebutuhan jaman sekarang.

“Juga menggerakkan masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan sebagai kebutuhan hidup,” kata Dedi M. Nurahmadi dalam laporannya sebagai ketua panitia pelaksana.

Wirakarya Kampung Kelir, lanjutnya, dilaksanakan 30 Juli sampai 2 Agustus 2018. Pesertanya terdiri dari 700 Pramuka Penegak dari Kabupaten Jember dan 300 dari kabupaten Lumajang. Dan didampingi 20 pendidik.

Dalam sambutannya Bupati Faida berharap Kampung Kelir yang dibangun Pramuka nantinya akan menjadi kampung percontohan. “Kampung yang sukses membina lingkungan sekitarnya, lingkungan hidup,” kata Bupati.

Bagi Bupati, ikut Gerakan Pramuka adalah suatu asahan karakter. Anak Pramuka sangat mudah beradaptasi dan Pramuka selalu gembira dan ceria.

“Teruslah berkarya dan berprestasi, karena Pramuka bukan kegiatan berhura Hura. Pramuka membangun leadership, Pramuka membangun kepedulian, Pramuka membangun tim,” kata Bupati.

Menurut perempuan pertama Bupati Jember ini, orang yang tidak bisa bekerja sama kemungkinan masa mudanya tidak terlibat kegiatan tim seperti Pramuka.

“Nikmati masa muda kalian, nikmati kesempatan tinggal di negeri yang damai, negeri yang tanpa peperangan,” lanjutnya.

“Tidak semua anak remaja dan pemuda mendapatkan kesempatan mengasah diri, membangun diri seperti kalian. Jangan sia-siakan masa muda. Jadilah Pramuka, jadilah orang yang berbeda,” pesan Bupati. (izza/mutia/*f2)

No Response

Leave a reply "Festival Wirakarya Resmi Dibuka Bupati"