Jember Kota Pandhalungan

Gagas Wisata Edukasi Tembakau, Wabup Gandeng  PSMB-LT

Guna mewujudkan destinasi wisata edukasi baru, tentang pertembakauan, Wakil Bupati (Wabup) Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, pagi tadi, Senin (25/4), mengunjungi Kantor UPT PSMB-LT (Unit Pelaksana Teknis Pengujian Sertifikasi Mutu Barang-Lembaga Tembakau) dan laboratorium uji rokok dan tembakau di kantor tersebut.

Pada kunjungannya, Wabup didampingi Asisten Ekbang dan Kesra Pemkab Jember, Drs. H. Mohammad Thamrin, MM., Kabag Humas Setkab Jember, Ir. Zainal Abidin, MM., Kepala Kantor Pariwisata dan Kebudayaan, Sandi Suwardi Hasan, S.Ag., Msi., dan sejumlah pejabat.

wabup dan skpd jember-1Wabup minta lembaga ini turut serta dalam pemberdayaan petani tembakau melalui ilmu budidaya tembakau. “Bagaimana cara menghasilkan mutu tembakau yang baik, ini harus melibatkan lembaga yang berkompeten, dan lembaga inilah yang faham benar akan hal tersebut,” ujarnya.

Wabup berharap dengan sinergitas yang ada, maka petani tembakau semakin berdaya, karena secara keilmuan mumpuni. Dan secara global Jember bisa menjadi destinasi wisata edukasi tembakau. Hal ini bisa terwujud jika ada sinergitas antar lembaga yang terkait.

Sementara itu Kepala UPT PSMB-LT, Ir. Desak Nyoman Siksiawati, MMA., menyatakan bahwa lembaganya selama ini juga sudah melakukan sejumlah hal, antara lain membantu petani tembakau dengan pembuatan pestisida tembakau, sosialisasi budidaya tanam tembakau yang baik dan cara pengolahan pasca panen.

“Apalagi memang lembaga kami base-nya adalah lembaga pengujian mutu, jadi mutu adalah tujuan utama,” tuturnya. Sementara terkait dengan destinasi wisata edukasi, pihaknya sangat mendukung program tersebut, sebagai ciri khas Jember kota tembakau. (*)

No Response

Leave a reply "Gagas Wisata Edukasi Tembakau, Wabup Gandeng  PSMB-LT"