Gairahkan Aktifitas Seni Budaya, Bupati Gelar Pentas Seni Budaya Pandhalungan.

Geliat seni dan budaya di Kabupaten Jember semakin bergairah. Ini menyusul, program pembuatan pusat kegiatan seni dan budaya yang akan didirikan di seluruh kecamatan di Kabupaten Jember.

Tempat pagelaran seni dan budaya yang akan didirikan di kota kecamatan itu, sekaligus bergungsi sebagai Taman Kota yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan olahraga dan rekreasi keluarga. “Kedepan, kita akan punya taman-taman kota yang Insha Allah di tahun 2018 ini tuntas untuk seluruh kecamatan. Dan panggung seni budaya akan ada di seluruh ruang terbuka hijau selain untuk kegiatan olahraga,” terang Bupati Jember, dr.Faida.MMR, usai acara silahturahmi Bupati Jember dengan Pedagang Pasar di Pendopo Wahya Wibawagraha Pemkab Jember, Sabtu Malam (4/11/2017).

Di taman kota yang akan didirikan di kota-kota kecamatan, nantinya juga akan dilengkapi dengan panggung untuk pagelaran seni dan budaya. Panggung seni budaya ini, bisa digunakan untuk berbagai kegaitan, termasuk pentas seni budaya pada setiap akhir pekan.

Bukti perhatian Bupati Faida terhadap kegiatan seni budaya, ini bisa dilihat dari beberapa pagelaran seni dan budaya yang sudah digelar beberap waktu sebelumnya. Terakhir pemberian perhatian Bupati Faida terhadap aktifitas aeni budaya ini terlihat saat digelarnya gebyar Seni Pandhalungan di alun-alun Jember, Sabtu (4/11.2017).

Pagelaran yang digelar di alun-alun ini, dimaksudkan untuk menggairahkan seni budaya, sekaligus dalam rangka mewujudkan taman kota dan taman budaya di seluruh kecamatan di Kabupaten Jember.

Gebyar Seni Pandhalungan ini dihelat, karena bupati menilai, sudah saatnya para seniman dan budayawan lokal, diberi kesempatan lebih dibanding sebelumnya. Kegaiatan pentas seni iru sendiri, lanjut bupati merupakan hasil kerjasama antara pemerintah provinsi dengan kabupaten, serta seniman dan budayawan lokal yang tergabung dalam kelompok seni, termasuk Dewan Kesenian Jember (DKJ).

Pentas seni dan budaya yang digelar di alun-alun Jember semalam, berasal dari kelompok dan pelaku seni yang dinilai memiliki daya tarik. Acara yang disajikan bahkan tidak hanya seni dan budaya saja, tapi kegiatan lain yang dianggap bisa menghibur masyarakat juga ditampilkan. (Indra GM)

No Response

Comments are closed.