Galakkan Konsumsi Buah dan Sayur, Bupati Bakal Keluarkan Perbup

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., akan mengeluarkan Peraturan Bupati untuk menggalakkan konsumsi buah dan sayur di masyarakat.

Kebijakan tersebut disampaikan Bupati dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 Jawa Timur yang dipusatkan di Kabupaten Jember, Jumat (1/12/2017), di Alun-alun Jember.

Mengonsumsi sayur dan buah menjadi salah satu gerakan masyarakat hidup sehat yang digelorakan dalam peringatan HKN tahun 2017 ini.

Peringatan HKN ke-53 di Alun-alun Jember dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Diantaranya Jalan Sehat HKN, Senam Cerdik, Pameran Kesehatan dan Bhakti Sosial, Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis oleh Dokter Spesialis, dan Posbindu.

Panitia juga membuat tumpeng raksasa yang terbuat dari berbagai sayur dan buah. Tumpeng yang berada di samping tiang bendera upara ini langsung ludes oleh peserta senam.

“Meningkatkan konsumsi sayur dan buah. Ini akan ditindaklanjuti dengan peraturan bupati,” tegas bupati yang berprofesi dokter ini.

Dijelaskan, latar belakang kebikan tersebut karena masyarakat terlalu sering mengonsumsi karbohidrat.

“Dalam kegiatan kegiatan masyarakat kita, seperti rapat, terlalu sering konsumsi karbohidrat, kurang konsumsi sayur dan buah,” ujarnya kepada sejumlah wartawan.

Untuk mendorong terjadinya gerakan masyarakat mengonsumsi sayur dan buah, masih kata Bupati, Pemkab akan mengawali gerakan tersebut.

“Kita akan contohkan rapar-rapat di Pemkab snack kita ganti dari bahan yang terlalu banyak bahan karbohidrat dengan suguhan berupa buah buahan,” tutur istri drg. Abdul Rochim ini.

Selain untuk mendorong terwujudnya masyarakat yang sehat, konsumsi sayur dan buah ditopang oleh alam Bumi Pandhalungan yang subur.

“Jember juga punya produk buah buahan yang luar biasa,” Bupati Faida dengan senyum khasnya. (*f2/izza)

No Response

Comments are closed.