Gelar Jember Army Festival untuk Masyarakat

This slideshow requires JavaScript.

Pada peringatan HUT TNI ke-73 tahun ini, 5 Oktober 2018, TNI bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Jember menggelar Jember Army Festival.

“Pemerintah Kabupaten Jember bekerjasama dengan TNI menyelenggarakan Jember Army Festival yang dipersembahkan untuk masyarakat,” jelas Bupati Faida usai upacara peringatan HUT TNI di Alun-alun Jember.

Jember Army Festival, lanjut BUpati Faida, dapat menjadi wahana edukasi meneladani pahlawan Jember, Letkol Muhammad Sroedji, dalam pertempuran 1949.

Dalam festival ini dipamerkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) modern dan senjata-senjata tradisional dari masyarakat yang digunakan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Cikar pun dipamerkan dalam festival ini. Cikar menjadi moda transportasi yang dipakai masyarakat untuk mengangkut logistik dalam pertempuran pada masa perjuangan.

Bupati Faida mengaku sangat senang siswa-siswa pramuka, para santri, serta mahasiswa, sangat menikmati peringatan hari ini.

“Memang hari ini bukan untuk siapa-siapa, tetapi sejatinya untuk masyarakat, menunjukkan profesionalisme TNI memang untuk rakyat,” tuturnya.

Bupati Faida berharap, kegiatan-kegiatan TNI tidak dipersepsikan sebagai kegiatan yang tertutup dan ekslusif.

Sebab, TNI juga bisa membuat suatu kegiatan destinasi wisata edukasi di Kabupaten Jember.

Jember Army Festival sendiri akan diselenggarakan sebagai festival tahunan, bekerjasama dengan TNI untuk melayani masyarakat sebagai wisata edukasi.

Jember, bagi Bupati Faida, bisa dibilang sebagai Kota Prajurit. Sebab, terdapat 12 kesatuan TNI dengan 3.500 personel berada di Jember.

Komandan Brigif 9/Kostrad Jember Kolonel Inf Robby Suryadi menyampaikan bahwa Jember adalah kabupaten pahlawan, karena banyak pahlawan-pahlawan ditemukan di Kabupaten Jember, banyak jiwa-jiwa ksatria, jiwa-jiwa patriot.

Di Jember juga ada patriot-patriot yang sudah dididik. Danbrig berharap patriot pemimpin bangsa kedepan berasal dari Jember.

Salah satu contoh pemimpin dari Jember ialah Letkol M. Sroedji, tokoh masyarakat yang berjuang demi tegaknya NKRI. (mutia/izza/*f2)

No Response

Leave a reply "Gelar Jember Army Festival untuk Masyarakat"